Guru Besar Unila Prof. Sindung P. Haryanto Tutup Usia

Guru Besar Universitas Lampung Prof. Dr. Sindung P. Haryanto, M.Si meninggal dunia akibat Covid-19 di Rumah Sakit Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (11/7) pukul 03.15 WIB.


Berita duka ini dibenarkan Ketua Jurusan Bartoven Vivit Nurdin dan Dosen Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pairulsyah. 

Pairulsyah mengatakan, Prof. Sindung adalah sosok yang sangat mengabdikan dirinya di Unila khusunya di Jurusan Sosiologi. Ia sudah aktif mengajar sejak tahun 1988.

"Tahun 1988 dari UGM dia mengabdi di Lampung

Dia orang dengan karakter keilmuan, waktu masih doktor dia ini bukan doktor kayak yang lain, dia banyak diminta menjadi ahli NGO di mana-mana," kata dia. 

Mantan Sekretaris Jurusan Sosiologi ini mengatakan, karier struktural Prof. Sindung hanya sampai jabatan Sekretaris Jurusan. Tapi jurnal dan tulisan ilmiahnya begitu banyak. Beliau juga aktif menulis buku. 

"Beliau orangnya pendiam tapi tidak sombong, kalau sudah dekat dia lebih guyon. Ketika orang bertanya dia akan menjawab dengan baik. Orangnya juga alim," katanya. 

Diketahui, Prof. Sindung dinaikkan jabatannya menjadi Guru Besar Berdasarkan Keputusan Menristek Dikti RI Nomor 30102/M/KP/2019 tanggal 5 September 2019 yang diserahkan Rektor Prof. Karomani, 17 Januari 2020.