Hardiknas, Pegiat Literasi Lombakan Menulis Cerpen Bagi Pelajar SD Dan SMP

Pegiat Literasi Ade Utami Ibnu/ Vera Afrianti
Pegiat Literasi Ade Utami Ibnu/ Vera Afrianti

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021 dalam situasi pandemi Covid-19, salah satu pegiat literasi di Provinsi Lampung Ade Utami Ibnu menyelenggarakan lomba menulis cerpen bagi pelajar yang saat ini bosan belajar online.


“Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional saya  menyelenggarakan lomba menulis cerpen untuk para pelajar SD dan SMP, ada 3 tema yang diangkat pertama ayo membaca, kedua aku bosan sekolah online, ketiga lebaran di tengah pandemi Covid-19," kata dia, Minggu (2/5).

Ia mengatakan tujuan dari menyelenggarakan lomba yakni tidak lain dan tidak bukan untuk membiasakan anak-anak sejak dini  rajin menulis dan membaca. "Mudah-mudahan dengan dia menulis dia juga mau dan rajin membaca," katanya.

Lomba akan dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Mei 2021 hingga 2 Juni 2021 dan untuk pemenang akan diumumkan pada 10 Juni 2021.

"Waktunya cukup lama mulai dari hari ini sampai 2 Juni dan karya yang dibuat merupakan karya yang  bersifat orisinil belum pernah dan tidak sedang dilakukan pada lomba lain kemudian panjang naskah maksimal 2 halaman kuarto untuk SMP dan 1 halaman untuk SD," jelas Ade.

Kemudian naskah yang akan dilombakan dikirimkan ke email: [email protected] atau WA: 0811722898 dan  follow akun Instagram (@Ade_ui) atau Facebook Ade Utami Ibnu.

"Selain itu sertakan tag dan repost info lomba menulis cerpen ini minimal ke 10 teman di

instagram dan facebook, bukti tag dan repost dapat di Screenshot dan dikirimkan ke contact person (0811 722 898 (Ade ku),  lalu untuk semua hasil karya akan diterbitkan menjadi buku,"  ujarnya.

Lanjutnya, untuk pemenang lomba masing-masing kategori peserta dan tema akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai mulai dari Rp500 ribu hingga Rp250 ribu.

"Ada hadiahnya untuk pemenang lomba yakni uang tunai sebesar Rp500 untuk juara pertama, kedua Rp450 ribu, ketiga Rp400,  juara harapan Rp250 ribu," 

Berharap dengan adanya lomba dapat membentuk karakter anak-anak menjadi lebih rajin, pintar, kuat dan tangguh sehingga dapat membawa bangsa dan negara  keluar dari krisis.

"Saya berharap dengan adanya lomba ini terbentuk karakter anak-anak yang kuat dan tangguh yang bisa membawa bangsa dan negara ini keluar dari krisis," harap dia.