Harga Bahan Pokok Mulai Naik, Pemkot Berencana Gelar Pasar Murah

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Ist
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana menggelar pasar murah di 20 kecamatan secara bergiliran. Hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok yang harganya berangsur naik. 


Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan pasar murah akan digelar pekan depan dengan melibatkan Forkopimda untuk berpartisipasi. Rencananya akan dimulai dari daerah pinggiran hingga perkotaan. 

"Kegiatan pasar murah akan digelar di 20 kecamatan, mulai minggu depan. Koordinasi dengan dinas perdagangan, Senin ya bunda ikut saja," kata Bunda Eva sapaan akrab Eva Dwiana, Kamis (8/9). 

Sebelumnya, ia telah memerintahkan Satgas Pangan Kota Bandar Lampung untuk melakukan pengawasan harga bahan pokok. Tercatat sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga akibat harga BBM naik. 

"Nanti kita lihat dulu (pelaksanaan pasar murah), jika berjalan lancar maka akan kembali digelar," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, Wiyadi mengatakan atas kenaikan harga BBM, pihaknya tidak berpangku tangan menunggu bantuan dari pusat. Sehingga dilakukan program pasar murah untuk membantu masyarakat. 

"Nantinya kita akan melakukan operasi pasar yang telah dianggarkan. Setiap kecamatan ada operasi pasar," jelasnya. 

Diketahui, hasil pengawasan Satgas Pangan Bandar Lampung harga bawang merah di Pasar Cimeng naik mencapai Rp32 ribu, bawang putih Rp24 ribu per kilogram. Serta harga cabai melejit Rp75 ribu per kilogram.