Harga Bahan Pokok Naik, Pemkot Bandar Lampung Wacanakan Operasi Pasar Murah

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti

Tingginya harga kebutuhan bahan pokok membuat masyarakat Kota Bandar Lampung menjadi resah. Tercatat harga cabai rawit merah mencapai Rp90 ribu per kilogram, dan bawang merah Rp60 ribu per kilogram.


Menanggapi keresahan masyarakat tersebut, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengaku telah melakukan rapat perihal operasi pasar jelang Idul Adha. 

Menurutnya beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Lampung telah menggelar operasi pasar murah. Sehingga jika masih memungkinkan pihaknya akan menggelar operasi pasar. 

"Insyaallah, tadi sudah dibicarakan dengan Pj Sekda. Kalau masih memungkinkan akan diadakan bazar murah," kata Eva Dwiana, Minggu (26/6). 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya mengatakan pihaknya akan menggelar operasi pasar saat harga sudah tidak terkendali. 

"Kita sadari betul, menjelang Hari Raya Idul Adha pasti sembako akan mengalami lonjakan harga. Harga cabai yang meroket hingga Rp100 ribu bahkan lebih. Nanti kita upayakan, jika perlu intervensi pasar maka akan kita lakukan," ujarnya. 

Sukarma Wijaya mengaku akan bekerja sama dengan sentra penghasil cabai, dan beberapa perusahaan untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok lainnya seperti Bulog. 

"Karena barangnya kan langka. Jadi kita sesuaikan dengan barang yang ada. Stok cabai inikan berkurang akibat cuaca," jelasnya.