Harga Minyak dan Cabai Masih Mengalami Kenaikan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha/ Tuti
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha/ Tuti

Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung mencatat dari 11 kebutuhan pokok dasar, terdapat dua bahan pokok yang mengalami kenaikan harga. 


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha mengatakan komoditas minyak goreng dan cabai cenderung naik.

Sementara beras, jagung, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam, gula pasir masih normal. 

“Cabai dan minyak goreng yang mengalami kenaikan, telur cenderung turun dan lainnya relatif tetap,” kata I Kadek Sumartha, Senin (22/11).

Menurutnya, kenaikan harga minyak goreng disebabkan naiknya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit dunia, sehingga harga minyak goreng juga naik di Indonesia. 

"Bukan hanya di Indonesia saja, tapi di dunia harga minyak goreng juga naik," ujarnya. 

Sementara untuk komoditas cabai, kata I Kadek Sumartha, walaupun saat ini musim panen, namun terkendala pada distribusi. Sehingga harganya mengalami kenaikan. 

“Kitakan tidak memiliki petani cabai, sehingga kita meminta kebupaten sekitar untuk memenuhi kebutuhan. Tapi karena musim hujan distribusinya agak terganggu sehingga harga sedikit naik," jelasnya.