Hari Anti Perdagangan Orang, Puluhan Organisasi Fun Bike dari Tugu Adipura-Pantai Tiska

Fun bike puluhan organisasi memperingati Hari Anti Perdagangan Orang/istimewa
Fun bike puluhan organisasi memperingati Hari Anti Perdagangan Orang/istimewa

Puluhan organisasi pemerhati perempuan dan anak di Lampung memperingati hari anti perdagangan orang dengan melakukan Fun Bike dari Tugu Adipura ke Pantai Tiska, Bandar Lampung, Sabtu (30/7).


Temanya "Fun Bike- Suatu Hari yang Didedikasikan untuk Membangun Kesadaran dan Aksi Mengakhiri Perdagangan Orang".

Kegiatan ini menggandeng komunitas sepeda Goberhood, BP2MI, Perkumpulan Damar, Unbound Indonesia, JPIC-FSGM, Talitakum, Mulead Lappung, Serikat perempuan Bandar Lampung, dan WKRI.

Selajutnya, Komunitas Sebay Solidaritas Perempuan Lampung, Aliansi Laki-laki baru, Puspa  Bandar Lampung, YKWS, HWDI, Dakocan, Kauskupan, Sahabat Disabilitas lampung, PKBI Lampung, Dinas PPPA Lampung dan Bandar Lampung. 

Ketua Pelaksana Sely Fitriani menyampaikan kegiatan ini diinisiasi oleh Goberhood dan CSO di Lampung untuk mengkampanyekan anti perdagangan orang.  

"Sinergi ini diharapkan dapat membangun gerakan bersama antara Pemerintah, CSO dan komunitas untuk pencegahan dan penanganan trafficking," ujarnya.

Selly melanjutkan, berdasarkan data bareskrim Polri dan laporan gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang, pada tahun 2015-2019 sebanyak 2.648 WNI menjadi korban. 

"Bahkan beberapa waktu lalu Polda Lampung berhasil menangkap dua tersangka TPPO," lanjut Selly.

Kepala Dinas PPPA Lampung Fitrianita Damhuri mengingatkan untuk bersama mewujudkan Provinsi Lampung aman dan nyaman untuk perempuan dan anak. 

Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan dance dari Mulead Lappung, Sahabat Disabilitas Lampung dan Skala PKBI Lampung.