Harusnya Erick Thohir Malu Bannernya Ditempel Gratisan di Pohon

Banner Erick Thohir di pohon/ Tuti
Banner Erick Thohir di pohon/ Tuti

Banner ucapan selamat menjalankan ibadah puasa dari Menteri BUMN, Erick Thohir terpasang di sejumlah pohon di Kota Bandar Lampung. Terlihat banner terpasang di pohon Jalan Diponegoro dan Jalan Teuku Umar. 


Menanggapi hal tersebut, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung meminta menteri BUMN itu memberikan contoh yang baik dalam pemasangan banner. Tidak seharusnya pohon dijadikan tempat pemasangan akat peraga kampanye. 

"Kita tahu jika banner dipasang di pohon akan menggangu estetika kota, juga dapat mengganggu tumbuh kembang kehidupan pohon," kata Direktur Walhi Lampung, Irfan Tri Musri, Rabu (13/4). 

Harusnya, kata Irfan, pemasangan banner bisa dipasang di tempat yang telah disiapkan. Harusnya malu sekelas menteri memasang banner di tempat gratis. 

"Harusnya malu dong, masang banner jangan gratis saja di pohon. Disiapkan dong alat pemasangannya baik kayu yang dibeli atau ditempat advertising yang ada," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Pro Lingkungan, Edy Karizal mengatakan pemasangan banner di pohon tentu mengganggu etika dan estetika. Biasanya itu terjadi karena tim suksesnya tidak paham etika pemasangan banner.  

"Harusnya Bawaslu membuat aturan bahwa pemasaran banner tidak lagi liar. Bisa dalam pengelolaan banner itu diserahkan ke RT atau lurah, jadi kelurahan sudah punya spot untuk memasang banner berbayar, sehingga bisa teratur," jelasnya. 

Lanjutnya, jika masyarakat mencopot banner yang terpasang liar itu bisa menjadi masalah, bahkan bisa dituntut pidana karena berpihak ke calon lainnya. 

"Sangat menyayangkan, harusnya sekelas menteri BUMN bisa memasang banner di tempat yang lebih layak," ujarnya.