Hasil Rapimnas, PKS Punya 6 Kriteria untuk Capres-Cawapres 2024

kiri-kanan) Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi; Presiden PKS, Ahmad Syaikhu; Bendahara, Muzayyin Arif/ RMOL
kiri-kanan) Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi; Presiden PKS, Ahmad Syaikhu; Bendahara, Muzayyin Arif/ RMOL

Sejumlah kriteria calon presiden telah disaring Partai Keadilan Sejahtera (PKS) usai menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) 2022 selama dua hari di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, 20-21 Juni 2022.


Berdasarkan masukan dari 90 DPW dan DPD, setidaknya ada enam kriteria calon presiden dan calon wakil presiden yang diusulkan, yakni memiliki integritas dan rekam jejak yang baik; berjiwa nasionalis dan religius; mendapatkan dukungan rakyat yang tinggi.

Kemudian memiliki pengalaman dan kemampuan untuk memimpin dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa; berkomitmen untuk menyatukan seluruh komponen anak bangsa; dan terakhir berkomitmen melayani rakyat.

“Itu kriteria calon pemimpin ke depan yang PKS inginkan,” kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu usai Rapimnas, Selasa (21/6).

Nantinya, kriteria-kriteria tersebut akan digodok Majelis Syuro PKS untuk menentukan satu bakal pasangan calon pilihan PKS.

Di sisi lain, PKS akan terus membangun komunikasi secara intensif dengan partai politik lain sebagai upaya membentuk poros baru atau poros alternatif.

“Selanjutnya menyepakati capres-cawapres potensial yang memiliki peluang kemenangan besar pada Pilpres 2024 yang akan datang guna meningkatkan kualitas demokrasi dan menghindari polarisasi bangsa,” tutupnya.