HIMA Desak Polisi Proses Tokoh Masyarakat Padangcermin Diduga Aniaya PLD

Sekretaris HIMA Marga Ratai, Hanggum/Ist
Sekretaris HIMA Marga Ratai, Hanggum/Ist

Himpunan Pemuda Marga Ratai (HIMA) turut menyesalkan dugaan tindak kekerasan berupa penganiayaan salah satu tokoh masyarakat Desa Khepong Jaya Kecamatan Padangcermin Kabupaten Pesawaran kepada Pendamping Lokal Desa (PLD) desa setempat.


Sekretaris HIMA Marga Ratai Hanggum mengatakan pihaknya berharap pihak kepolisian segera memproses kasus tersebut. 

“Kami menyesalkan sikap BD yang melakukan pemukulan kepada Syahrial Efendi saat sedang melaksanakan pekerjaan di Kantor Desa Khepong Jaya, mustinya BD selaku tokoh masyarakat tidak sampai melakukan perbuatan tersebut,” sesal Hanggum Kepada Kantor Berita RMOLLampung,  Jumat (22/5).

“Kejadian tersebut pastinya menimbulkan luka dan trauma, tentunya peristiwa ini akan berefek pada pekerjaan Syahrial Efendi selaku PLD di Desa Khepong Jaya,” timpalnya.

Menurutnya, sebagai tokoh masyarakat BD harus memberikan contoh yang baik kepada generasi muda. 

“Sesungguhnya kami tidak pernah mau diwarisi budaya barbar dan koboi seperti yang dilakukan oleh BD, untuk itu HIMA Marga Ratai mengajak generasi muda agar dapat mengedepankan budaya dan norma dalam berkomunikasi,” tegasnya.

Hanggum juga mengatakan, HIMA Marga Ratai meminta Camat Padangcermin dan BPD Khepong Jaya untuk meninjau ulang posisi BD sebagai Ketua Pania Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Khepong Jaya. 

“Saat ini kan BD dalam posisi tersandung masalah hukum baiknya diberhentikan sebagai Ketua Panitia Pilkades agar tidak mengganggu tahapan Pilkades yang sedang berlangsung, sehingga BD bisa fokus pada masalah hukum yang sedang berjalan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang PLD Khepong Jaya Syahrian Effendi mengalami kekerasan fisik yang dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat. 

Dugaan penganiayaan tersebut terjadi di Kantor Desa Khepong Jaya Kecamatan Padangcermin Kabupaten Pesawaran, Selasa (18/5) sekitar pukul 09.00 Wib. 

Atas kejadian tersebut korban mengalami memar di kepala dan luka di bagian tangan, korban pun langsung melaporkan penganiayaan tersebut ke Polsek Padangcermin.