HIV di Bandar Lampung Capai 2.637 Kasus

Memperingati Hari Aids sedunia/Ist
Memperingati Hari Aids sedunia/Ist

Kasus HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Kota Bandar Lampung mencapai 2.637 orang. Kasus ini menyumbang sekitar 44 persen dari total kasus HIV di Lampung yakni 6.022 kasus.


Koordinator Konsorsium Penggiat HIV Lampung, Mumu mengatakan kasus HIV diibaratkan seperi gunung es. Pasalnya masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk melakukan tes padahal berpotensi tertular.

“Orang yang terdata inilah yang sudah terbangun kesadarannya untuk tes HIV,” kata Mumu dalam peringatan hari aids sedunia di Dinas Koperasi UMKM UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi UMKM, Kamis (1/12).

Menurutnya, masih banyak populasi kunci seperti wanita pekerja seks (WPS), waria, lelaki seks dengan lelaki (LSL), dan pengguna napza suntik (penasun) yang tidak tes HIV dengan alasan takut, belum terpapar informasi dan sengaja menutup diri.

“Sehingga melalui peringatan HIV ini, saya berharap masyarakat berperan atau terciptanya lingkungan yang kondusif. Semua masyarakat berperan aktif dan tahu HIV Aids dalam pencegahan dan penanggulangannya,” ujarnya.