Hujan Lebat Pekan Ini, Polda Koordinasi Dampak Lantasnya

Ilustrasi saat longsor terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera,  Kabupaten Tanggamus, akhir tahun lalu/Ist
Ilustrasi saat longsor terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, Kabupaten Tanggamus, akhir tahun lalu/Ist

BMKG meramalkan hujan lebat di Lampung, Kamis-Selasa (11-16/2). Polda Lampung koordinasi dengan pihak terkait kemungkinan dampaknya terhadap lalu lintas. 


Dit Lantas Polda Lampung berinisiatif rapat terbatas dengan Kadishub Lampung, Ka BPTD Wilayah VI Bengkulu-Lampung, Ka BPJN Lampung, BPJT PT Hutama Karya

Setelah sebelumnya, zoom meeting dengan Dirjen Hubdar, Kemenhub, Kamis (11/2)1, kata Dirlantas Kombes Dony Sabardi H Damani lewat relis yang diterima Kantor Berita RMOLLampung.

Menurut Kombes Dony, koordinasi dilakukan untuk menyamakan persepsi antisipasi cepat bila terjadi banjir dan longsor yang berdampak terhadap pergerakan arus lalu lintas di Lampung.

Kesimpulan zoom metting: 

1.Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG terjadi hujan lebat terhitung tgl 11-16 Februari 2021, beberapa wilayah Provinsi di Indonesia termasuk Lampung.

2.Dampak dari cuaca ekstrim tersebut yaitu banjir dan tanah longsor.

3.Beberapa wilayah di Kalimantan dan Jawa terdapat berdampak terhadap saran jalan terputus. Baik jalan tol maupunjalan arteri (nasional maupun provinsi).

4. Diharapkan adanya konsolidasi dari stake holder untuk melakukan langkah cepat untuk mengatasi dampak akibat bencana tersebut.

Hasil koordinasi Dit Lantas Polda Lampung dengan pihak terkait: 

1. Turun bersama untuk survey lokasi rawan bencana  banjir, tanah longsor, jalan rusak akibat cuaca ekstrim. 

2. Hasil dari turun bersama  menginventarisasi lokasi rawan tersebut adalah merumuskan Cara Bertindak taktis di lapangan untuk segera di atasi secara terpadu oleh para stake holder.

3. Untuk mengantisipasi kerawanan banjir jalan Tol, diminta kepada BPJT PT.Hutama Karya dapat melakukan apel bersama, Jumat 12 Februari 2021, Pkl.09.00 WIB..

4.Untuk mengantisipasi kerawanan banjir, tanah longsor dijalan arteri (nasional, provinsi, kabupaten) diminta Kadishub Kabupaten, Dinas PU, Kasat Lantas serta unsur terkait lainnya melaksanakan apel bersama. Untuk waktu dan tempat disesuaikan masing-masing wilayah.

5. Dalam mengantisipasi libur panjang Hari Raya Imlek terhitung 11-14 Februari 2021 diminta stakeholder terkait untuk turun bersama mengantisipasi pergerakan arus lalulintas kendaraan pribadi, umum dan angkutan barang agar terjaga kamselticarlantasnya.

6. Diharapkan 10 hari kedepan, semua stakeholder   (Dishub, BPTD, Dinas PU, BPJT PT.HK turun bersama guna mengantispasi segala kemungkinan yang terjadi.

7. Sepakat membentuk whatsap group untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi dalam mengantispasi dampak dari bencana.