HUT ke-27, AJI Bandarlampung Diskusikan Hasil Riset Pemberitaan Covid-19

Lambang AJI/Ist
Lambang AJI/Ist

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung akan menggelar diskusi hasil riset soal bagaimana media memberitakan pandemi Covid-19, Minggu (8/8) pukul 14.00 WIB.


Ketua AJI Bandarlampung, Hendry Sihaloho mengatakan riset yang dilaksanakan untuk memotret pemberitaan sejumlah media terkait pandemi Covid-19. Pihaknya meneliti pemberitaan tiga media cetak, yaitu Lampung Post, Radar Lampung, dan Tribun Lampung.

“Hasil riset disampaikan, besok. Kami akan mendiskusikannya bersama sejumlah pihak. Sekaligus merayakan HUT ke-27 AJI,” kata Hendry Sihaloho, Sabtu, (7/8).

Sementara itu, Koordinator Tim Riset Alfanny Pratama menambahkan, berita yang diteliti hanya yang terbit sepanjang 12-21 Juli 2021. Pada periode itu, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Bandarlampung. Sehingga, pihaknya hanya meriset pemberitaan seputar PPKM Darurat dan kebijakan terkait.

“Tujuan dari riset ini untuk mengetahui bagaimana tiga media cetak di Lampung mengemas pemberitaan pandemi Covid-19 selama kebijakan PPKM Darurat. Apakah media menjadi corong pemerintah atau lebih banyak mengangkat suara publik,” ujarnya. 

Menurutnya, diskusi hasil riset akan menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Febrilia Ekawati dari Pantau Covid Lampung dan Dodi Faedlulloh, pemerhati kebijakan publik Universitas Lampung (Unila). 

"Diskusi akan berlangsung secata virtual melalui zoom meeting dan live streaming di YouTube AJI Bandarlampung. Nantinya akan dipandu oleh pengurus AJI Bandarlampung Wandi Barboy Silaban," jelasnya. 

Bagi yang hendak mengikuti diskusi sila registrasi lebih dahulu. Setelah mendaftar, peserta mendapatkan link Zoom Meeting. Adapun link pendaftaran: https://bit.ly/mediamasaPPKM.