IAI Lampung Barat Gelar Cek Kesehatan Gratis

Cek kesehatan dan KIO gratis yang digelar IAI Lampung Barat/istimewa
Cek kesehatan dan KIO gratis yang digelar IAI Lampung Barat/istimewa

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Lampung Barat menggelar bakti sosial di pekon Gunung Ratu Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Sabtu (25/6).


Bakti sosial itu diberi nama Pemeriksaan dan Edukasi Kesehatan Keluarga Bersama Apoteker (SIGER) yang diisi dengan cek pengobatan gratis dan Kampanye Informasi Obat (KIO). 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Bandar Negeri Suoh dan kasubag TU Puskesmas Bandar Negeri Suoh.

Ketua IAI Lampung Barat apt. Farida mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan diri.

"Selain cek kesehatan, kami juga beri edukasi  mengenai pengunaan obat yang tepat kepada warga sekitar. Sekaligus silaturahmi dengan sesama anggota IAI dan tenaga kesehatan lain," kata dia. 

Ia menjelaskan, upaya kesehatan yang dilakukan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. 

Pelayanan kesehatan yang dilakukan dari segi farmasi, yaitu pelayanan yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan di masa mendatang.