Idap Hirschsprung, Bayi M Habib Terima Tali Asih Pemkot Bandar Lampung Rp10 Juta

Bayi M Habib terima tali asih dari Pemkot Bandar Lampung/Tuti
Bayi M Habib terima tali asih dari Pemkot Bandar Lampung/Tuti

Bayi berusia 12 bulan di Jalan Ki Maja, Kecamatan Way Halim, Bandar Lampung mengidap penyakit Hirschsprung sejak lahir. Bayi bernama M Habib Al- Rasyid itu telah menjalani operasi dan masih dalam proses penyembuhan.


Novita Sari ibunda M Habib mengatakan pasca operasi anak ke empat itu mengalami koma selama 3 hari. Hal itu membuat mata M Habib tidak fokus dalam melihat. 

"Kemungkinan terkena peradangan otak, sehingga pengelihatannya menjadi terganggu," kata Novita Sari, Selasa (21/6). 

Ibu rumah tangga itu mengaku membutuhkan banyak dana untuk perawatan intensif anaknya. Ia bersyukur Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan tali asih Rp10 juta dan perawatan gratis di RS A Dadi Tjokrodipo. 

"Terima kasih atas bantuannya, semoga M Habib diberikan kesehatan dan Bunda Eva dilancarkan urusannya," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana berkomitmen akan membantu proses penyembuhan M Habib hingga bisa melihat keindahan dunia. 

"Semoga Habib sehat terus dan bisa melihat keindahan," jelasnya. 

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan M Habib di diagnosa mengidap Hirschsprung’s Disease atau gangguan pada usus besar yang menyebabkan feses terjebak di usus. 

"Penyakit bawaan lahir yang tergolong langka ini bisa mengakibatkan bayi tidak dapat BAB sejak dilahirkan. Saraf di usus besar berfungsi untuk mengontrol pergerakan usus," ujarnya.