IDI Bandar Lampung Minta Perhatikan Cold Chain Vaksin Pfizer

Vaksinasi masyarakat Bandar Lampung/Tuti
Vaksinasi masyarakat Bandar Lampung/Tuti

Pemerintah Kota Bandarlampung bersama Forkopimda menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Saburai. Sebanyak 60 ribu dosis vaksin jenis Pfizer telah siap untuk disuntikan. 


Menanggapi hal tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bandar Lampung menghimbau Dinas Kesehatan setempat untuk menjaga rantai dingin (cold chain) vaksin Pfizer dan menjaga kualitas vaksinnya. 

"Kalau bisa mempertahankan suhunya di bawah 70 derajat celsius bisa bertahan berhari-hari, bergantung kedaluwarsanya. Kalau ada masalah itu maka segera disuntikkan," kata Ketua IDI Cabang Bandar Lampung, dr Aditya M Biomed, Sabtu (9/10). 

Menurutnya, cold chain di bawah 70 derajat celsius masih bisa dicapai oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, namun di luar Bandar Lampung agak mengkhawatirkan bisa tercapai cold chain nya. 

"Insyaallah bisa kalau di Bandar Lampung, karena dari Jakarta langsung ke Lampung. Tapi kalau di luar Bandar Lampung agak khawatir," ujarnya. 

Walaupun begitu, IDI Cabang Bandar Lampung menyambut baik proses percepat vaksinasi yang dilakukan pemerintah, sehingga apa yang ditargetkan bisa tercapai. 

"Semoga sebelum libur panjang Natal dan Tahun Baru semua masyarakat telah divaksin, sehingga lebih aman nantinya," jelasnya.