IIB Darmajaya Peringkat Ke-76 Versi Webometrics

 Prestasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menempati peringkat ke-76 di Indonesia versi Webometrics 2020.


Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah Y. Alfian mengatakan ini semua berkat kerja keras dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat.

"Dengan adanya pengakuan dari Webometrics ini sebetulnya menjadi salah satu kampus yang sangat ready dengan online (pembelajaran media daring). Penggunaan sistem informasi ini cukup efektif, sudah diakui secara international dan seringkali menjadi bahan acuan," kata Firmansyah Y. Alfian kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (28/5).

Terdapat empat indikator penilaian yang digunakan yaitu presence, impact, openness dan excellence.

Presence diukur berdasarkan jumlah situs web, termasuk sub domain. Dalam hal ini, IIB Darmajaya menduduki peringkat ke-4823 dunia.

Sedangkan, impact dinilai dari jumlah backlink dari situs luar, IIB Darmajaya menduduki peringkat ke-1598 dunia.

Openness diukur bedasarkan jumlah file yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Di mana IIB Darmajaya menduduki peringkat ke-7356 dunia.

Sementara excellence dinilai berdasarkan jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi. IIB Darmajaya menduduki peringkat ke-6084.

Kedepan IIB Darmajaya akan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi media daring baik dalam proses perkuliahan maupun pelayanan.

"Insyaallah tahun depan kita targetkan mencapai 50 besar," ujarnya.

Pada tahun ini juga IIB Darmajaya menjadi kampus swasta terbaik di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan terbaik nomor 2 di Sumatera berdasarkan pemeringkatan Kemenristekdikti.