IJTI dan KPU Lampung Komitmen Ciptakan Demokrasi Berkualitas pada Pemilu 2024

IJTI dan KPU Lampung berkomitmen ciptakan demokrasi berkualitas/Ist
IJTI dan KPU Lampung berkomitmen ciptakan demokrasi berkualitas/Ist

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung berkomitmen menciptakan demokrasi berkualitas pada Pemilu 2024 mendatang.


Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana mengatakan sebagai penyelenggara Pemilu 2024, banyak tantangan berat yang dihadapi. Sehingga perlu kerjasama semua pihak untuk menyukseskan Pemilu. 

"KPU tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan kerjasama multipihak. Tangung jawab bersama baik peserta pemilu, penyelenggara, media dan juga masyarakat,” kata Antoniyus di Sekretariat IJTI di Teluk Betung Utara  Jalan Dewi Sartika, Kamis (14/7).

Menurutnya, media sebagai pilar demokrasi akan menyampaikan informasi secara masif.  Sehingga perlu harmonisasi ekosistem Pemilu untuk menciptakan demokrasi berkualitas. 

Pemilu sebelumnya tahun 2019, masih menyisakan polarisasi politik, bahkan ujaran kebencian di tengah masyarakat yang dapat mempengaruhi sikap pemilih. 

“KPU kewalahan untuk itu kita butuh media untuk memberikan pencerahan meng-counter berita-berita hoaks di media sosial yang tak terbendung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Lampung, Hendriyansah mengatakan pihaknya akan ikut mengawal proses demokrasi dengan memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui konten berita yang positif. 

“IJTI merupakan organisasi profesi dan anggotanya bekerja di televisi yang notabene perusahaan media sudah terverifikasi dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga IJTI juga akan ikut bertanggungjawab mengawal proses demokrasi,” jelasnya.