Inspektorat Kirim Tim Untuk Periksa Kepala SDN Binjaiwangi

Sekretaris Inspektorat Gustam/ RMOLLampung
Sekretaris Inspektorat Gustam/ RMOLLampung

Indikasi kongkalikong pembangunan perpustakaan SDN Binjaiwangi Kecamatan Pugung, mendapat perhatian serius Inspektorat Kabupaten Tanggamus.


Sekretaris Inspektorat Gustam mengatakan, untuk pelaksanaan pekerjaan DAK swakelola di sekolah harus melibatkan komite sekolah dalam kepanitiaan pembangunannya, itu sebagai bentuk kerja sama. Sebab, komite merupakan mitra kerja kepala sekolah, dan wajib mengetahui.

Masih menurut Gustam, papan pelaksana kegiatan juga harus dipasang didepan, itu sebagai bentuk transparan kepada masyarakat, bahwa disana ada kegiatan yang dilaksana oleh sekolah sebagai bahan informasi kepada masyarakat. Bentuk pembangunannya apa, semberdananya dari mana, pagunya berapa, juga pekerjanya dari mana.

Dia juga mengatakan tenaga kerja memang seharusnya dari warga sekitar, itu sebagai bentuk pemberdayaan kepada warga, terlebih dalam situasi pandemi covid seperti ini. Kecuali kalau warga sekitar tidak ada yang mau setelah ditawarkan.

"Saya juga sangat menyayangkan terjadinya teror terhadap ketua komite sekolah setempat, kalaupun teror itu benar, itu sudah termasuk sebagai tindak pidana,” ungkapnya, Senin (14/9).

Masih menurut Gustam, pihaknya segera melakukan klarifikasi kepada Kepala SDN Binjaiwangi. Nanti hasilnya apakah yang bersangkutan akan langsung kita pangil, juga akan disampaikan ke media yang mengangkat masalah ini.

Menurutnya, mereka belum berani mengatakan kalau pihak sekolah itu salah atau tidak, apakah yang mereka lakukan menabrak aturan atau tidaknya, pastinya mereka akan klarifikasi dulu.

"Mungkin besok tim akan ke SDN Binjaiwangi,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan perpustakaan dengan pagu anggaran Rp 166.090.000 terindikasi kongkaliking. Indikasinya mulai dari tidak dilibatkannya komite sekolah dalam kepanitiaan pembangunan, papan pelaksana kegiatan yang ditempel dibelakang sekolah, mengunakan pekerja dari luar pekon, sampai pada teror terhadao ketua komite sekolah.