Inspektorat Temukan Dugaan Korupsi Dana Desa Bernung

Kepala Inspektorat  Pesawaran Singgih Pebrianto/ Rama
Kepala Inspektorat  Pesawaran Singgih Pebrianto/ Rama

Hasil investigasi mendalam yang dilakukan Tim Investigasi Inspektorat melalui Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) menemukan adanya dugaan korupsi Dana Desa (DD) tahun 2018 - 2021 di Desa Bernung Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.


Disampaikan Kepala Inspektorat  Pesawaran Singgih Pebrianto, Tim Investigasi telah menemukan beberapa temuan dugaan korupsi DD yang dilakukan Deswan, oknum Kepala Desa Bernung.

"Iya, hasil investigasi sudah ada beberapa temuan. Besok (Selasa, 26/7, Red) mereka melaporkan hasil pemeriksaan," kata Singgih, Senin (25/7).

Ia mengatakan, setelah laporan hasil pemeriksaan (LHP) selesai, maka selanjutnya akan secepatnya diserahkan kepada aparat penegak hukum (APH) untuk diproses lebih lanjut.

"Sampai saat ini sudah dalam tahap penyelesaian LHP, kemungkinan seminggu ini selesai. Untuk temuannya pasri akan ada laporannnya. Dan nantinya pihak Inspektorat akan koordinasi ke aparat penegak hukum Polres Pesawaran," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, viralnya dugaan korupsi oknum Kepala Desa Bernung Kecamatan Gedong tataan Kabupaten Pesawaran Deswan, terkait pengggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2018-2021 mendorong Inspektorat segera turun melakukan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket).

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektur Pesawaran Sunyoto, melalui Irban Investigasi Asoka Salim saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya, Rabu (18/5).

"Iya terkait dugaan penyimpangan Dana Desa yang dilakukan Deswan selaku Kades Bernung kami akan segera melakukan puldata dan pulbaket," kata Asoka.

Asoka mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Pesawaran untuk menindaklanjuti dugaan korupsi DD Bernung tersebut.

"Ya kami kemarin sudah koordinasi dengan Unit Tipikor Polres Pesawaran dan akan selalu koordinasi untuk dugaan penyimpangan anggaran DD di Desa Bernung," ujarnya.