Ipar Gubernur Arinal Diusulkan Jadi PJ Bupati Pringsewu

Adi Erlandyah bersama sang istri, Rusdiana Dewi/istimewa
Adi Erlandyah bersama sang istri, Rusdiana Dewi/istimewa

Nama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung Adi Erlansyah santer disebut bakal jadi Pejabat Sementara (PJ) Bupati Pringsewu menggantikan Sujadi-Fauzi yang habis masa jabatannya Mei 2022.


Adi Erlansyah adalah suami dari Rusdiana Dewi yang merupakan kakak kandung Riana Sari Arinal, istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

Sebagai ipar Gubernur Lampung, nama Adi Erlansyah yang dikabarkan masuk sebagai usulan PJ Bupati Pringsewu disorot publik. Bahkan, dianggap rentan nepotisme. 

Pengamat Hukum dan Kebijakan Publik Unila, Yusdianto mengatakan, seharusnya ada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang melakukan asesmen terhadap usulan PJ Bupati agar prosesnya transparan. 

"Gubernur punyak hak mengusulkan tapi saya harap ada asesmen terhadap nama yang diusulkan agar masyarakat bisa tahu soal sosok yang diusulkan. Saya belum dengar soal asesmen, asal tunjuk aja gubernurnya ini," kata Yusdianto, Kamis (12/5).

Yusdianto melanjutkan, asesmen tersebut perlu dilakukan untuk menghindari ada hubungan keluarga atau unsur nepotisme. 

Jika pun ada hubungan keluarga, asesmen ini dapat jadi penjelasan bagi masyarakat jika memang sosok tersebut memenuhi syarat. 

"Boleh ada hubungan keluarga asal memenuhi syarat, siapa tau memang kebetulan atau memang karena kemampuannya. Tapi ini perlu pencerahan ke publik, biar tidak buruk sangka," sambungnya. 

Selain itu, Yusdianto juga menyesalkan tidak dilibatkannya masyarakat yang akan mendapatkan PJ Bupati mengenai pengganti kepala daerah mereka. Termasuk tidak melibatkan DPRD Lampung dalam prosesnya. 

"Jadi apa yang dilakukan gubernur ini sentralistik, komandoya cuma dia, dia mengabaikan prinsip keterlibatan masyarakat atau DPRD," pungkasnya. 

Diketahui, Gubernur Lampung sudah mengusulkan 9 nama calon Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Provinsi Lampung yang akan habis akhir masa jabatan pada 22 Mei 2022, yakni Pringsewu, Mesuji dan Tulangbawang Barat. 

Dari 9 nama tersebut, baru tiga yang muncul ke publik. Mulai dari Adi Erlansyah di Pringsewu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji menggantikan Saply-Haryati Cendralela. 

Kemudian, Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (SDA) Budi Darmawan sebagai Pj Bupati Tulangbawang Barat menggantikan Umar Ahmad dan wakilnya Fauzi Hasan.