Itera akan Jadi Pusat Budidaya Salmon di Lampung

Rektor Itera, Prof Mitra Djamal/ Tuti
Rektor Itera, Prof Mitra Djamal/ Tuti

Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerjasama dengan PT. Awina Sinergi Internasional, Kanazawa Univerisity dan University of Kumamoto akan membangun pusat salmon berkelanjutan di Lampung. 


Rektor Itera, Prof Mitra Djamal mengatakan dengan pembudidayaan salmon berkelanjutan merupakan salah satu upaya nyata keikutsertaan Itera sebagai bagian dari aktor yang mengimplementasikan nilai-nilai SDG’s. 

"Diharapkan juga kedepannya dapat berkontribusi dalam peningkatan APBD (Anggara Pendapatan Belanja Daerah) Provinsi Lampung melalui penjualan salmon," kata Prof Mitra Djamal saat sambutan acara Dies Natalis ke-7 Itera, Rabu (6/10). 

Lebih lanjut, Prof Mitra menjelaskan budidaya salmon nantinya tidak hanya semata-mata untuk produksi, namun sebagai tempat edukasi maupun ekowisata. 

"Dengan kerja sama ini harapannya dapat membantu berbagai penelitian turunan dan juga membuka kesempatan bagi mahasiswa, dosen pengajar, atau pemangku kepentingan untuk belajar langsung di Itera terkait budidaya salmon," ujarnya. 

Sebelumnya, Itera telah melakukan kegiatan kick-off meeting Sustainable Salmon Center dengan PT. Awina Sinergi Internasional, AWING, Kanazawa Univerisity dan University of Kumamoto secara daring pada Senin, (4/10).