Itera Buka Program Studi Baru Sarjana Pariwisata

Institut Teknologi Sumatera/Ist
Institut Teknologi Sumatera/Ist

Institut Teknologi Sumatera (Itera) membuka Program Studi (Prodi) Sarjana Pariwisata. Izin pendirian prodi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Manteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi RI nomor 94/E/O/2023 tertanggal 13 Januari 2023.


Prodi Pariwisata Itera memiliki konsentrasi di bidang perencanaan destinasi pariwisata, kajian dan manajemen pariwisata, serta kajian fisik dan lingkungan pariwisata. Prodi ini juga menjadi prodi pertama di Provinsi Lampung.

Rektor Itera, Prof I Nyoman Pugeg Aryantha berharap Prodi Pariwisata dapat memberikan konstribusi positif di dunia kepariwisataan nasional. Terlebih keberadaan pariwisata Indonesia berpotensi sangat besar, namun belum maksimal.

“Indonesia belum masuk 10 besar target tujuan wisata mancanegara. Sehingga perlu mendapatkan perhatian dan hadirnya Prodi Pariwisata ini menjadi upaya peningkatkan keberadaan kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata,” kata Prof I Nyoman, Selasa (24/1).

Prof I Nyoman menilai kurangnya konektivitas, belum memadainya infrastruktur pariwisata juga kesiapan masyarakat di sekitar destinasi wisata menjadikan prodi S1 Pariwisata sangat dibutuhkan, baik di Provinsi Lampung, Sumatera, dan Indonesia.

“Insyaallah dapat menghasilkan SDM unggul, mampu melakukan analisis dan konsepsi kebijakan, dan membuat perencanaan kepariwisataan,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera, Prof Khairurrijal mengatakan Prodi Pariwisata telah diusulakan sejak 27 April 2021. Pengembangan keilmuannya diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli kepariwisataan di Indonesia.

“Terkait dosen, saat ini sudah ada 11 dosen dengan latar belakang pendidikan yang mendukung di bidang pariwisata, ilmu lingkungan, geografi pariwisata, serta perencanaan wilayah dan kota,” jelasnya.

Penyusunan kurikulumnya, Itera merujuk pada kurikulum Prodi Pariwisata dibeberapa universitas seperti Universitas Udayana, Universiti Kuala Lumpur, University of Westminster, dan University of Groningen.

“Kami akan segera mengusulkan kuota penerimaan mahasiswa Prodi Pariwisata Itera. Sehingga dapat segera dipilih oleh para mahasiswa baru mulai tahun ini,” ujarnya.