Itera Kukuhkan 4.860 Mahasiswa Baru, 80,1 Persen Asal Sumatera 

Pengukuhan mahasiswa baru Itera/Tuti
Pengukuhan mahasiswa baru Itera/Tuti

Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera), Prof I Nyoman Pugeg Aryantha resmi mengukuhkan 4.860 mahasiswa baru dalam sidang terbuka penerimaan mahasiswa baru di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Senin (15/8). 


Dalam pidatonya, Prof I Nyoman P Aryantha menyampaikan tujuan awal pendirian Itera yaitu untuk mempersiapkan SDM unggul di bidang sains dan teknologi, guna membangun Sumatera dan Indonesia. Untuk itu, tahun ini Itera menerima 4.860 mahasiswa yang 80,1 persen berada dari Sumatera. 

“Saya rasa jumlah ini ideal, karena kembali ke tujuan awal pendirian Itera adalah untuk Sumatera,” kata Prof I Nyoman.

Menurutnya, dalam Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) dipastikan tidak ada kekerasan atau perpeloncoan. Ia mengaku telah melakukan pendekatan persuasif sebagai bapak kepada anaknya. 

"Kita sudah melakukan pendekatan kekeluargaan seperti bapak kepada anaknya, sehingga diharapkan tidak ada tindakan kekerasan," ujarnya. 

Prof I Nyoman berharap para mahasiswa baru Itera selalu menjaga nama baik dan turut membanggakan Itera sebagai almamater melalui prestasi dan kesuksesan. 

"Diharapkan mahasiswa baru juga aktif dalam organisasi guna melatih soft skill sebagai penunjang keahlian dalam menghadapi perubahan global," jelasnya. 

Sementara itu, salah satu panitia PPLK, Michelle Ayu Nestiti mengaku berkomitmen tidak akan melakukan kekerasan selama PPLK yang berlangsung dari 15-20 Agustus. 

"PPLK sendiri jita buat fun game, jadi walaupun Itera terik, namun mahasiswa baru akan dibuat have fun," ujarnya. 

Menurutnya, selain diisi dengan berbagai game, PPLK juga diisi dengan beberapa materi, perkenalkan prodi, serta akan ada muri pembentangan kain terpanjang yang nantinya akan digambar oleh mahasiswa baru. 

"Ditanggal 19 Agustus juga akan ada paper mob yang akan dilakukan oleh seluruh mahasiswa baru," jelasnya.