Itera Punya Lab PLTS Dan Smart BRT Kampus

Dies natalis Itera/Ist
Dies natalis Itera/Ist

Memperingati dies natalis ke-6, Institut Teknologi Sumatera (Itera) meresmikan Laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1 MWp di lahan seluas 1 hektar.


Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, m.Sc., Ph.D mengatakan dengan dibangunnya PLTS ini, Itera secara bertahap menjadi kampus pertama di Indonesia yang seluruh kebutuhan listriknya dipasok dari PLTS mandiri. 

“PLTS Itera juga menjadi Laboratorium PLTS terbesar yang tidak hanya akan dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen Itera dalam melakukan riset energi terbarukan, tetapi terbuka untuk riset mahasiswa dan dosen perguruan tinggi lain di Indonesia,” kata Prof. Ofyar saat sambutan di Aula Gedung Umum, Selasa (6/10).

Selain itu, Rektor juga menyampaikan saat ini Itera resmi mengoperasionalkan 10 Smart BRT Itera bantuan Kemenhub RI. Smart BRT Itera menjadi moda transportasi publik yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan sivitas akademika Itera dan masyarakat luas. 

"10 Smart Bus Rapid Transit (BRT) ITERA bantuan Kementerian Perhubungan RI ini menjadi pilot project bus kampus nasional," ujarnya.

Dalam pengembangannya Smart BRT Itera juga akan memanfaatkan teknologi seperti memanfaatkan GPS System dan pembayaran secara digital.