Itera Wisuda 345 Mahasiswa Secara Daring

Wisuda Itera/Ist
Wisuda Itera/Ist

Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar wisuda ke-6 secara dalam jaringan (daring) di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) Itera.


Upacara wisuda daring tersebut diadakan dalam tiga sesi pada Jumat-Sabtu (2-3 Oktober 2020).

Sebanyak 344 mahasiswa yang dikukuhkan, terdiri dari Program Studi Perancangan Wilayah dan Kota sebanyak 48 orang, Teknik Geomatika 47 orang, Arsitektur 69 orang, Teknik Sipil 32 orang, Teknik Lingkungan 2 orang, Teknik Informatika 15 orang, Teknik Elektro 35 orang, Fisika 34 orang, Teknik Geofisika 62 orang, dan Teknik Geologi 1 orang. 

Wisudawan terbaik I diraih oleh Chania Rahmah MR (Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota) dengan IPK 3,84. Wisudawan terbaik II diraih oleh Nadiisah Nurul Inayah (Prodi Fisika) dengan IPK 3,69, dan wisudawan terbaik ke III diraih oleh Izhar Syafawi (Prodi Teknik Geofisika) dengan IPK 3,67.

Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin dalam sambutannya mengatakan Itera lahir atas dasar kebutuhan tenaga engineer berkualitas di Indonesia. Untuk itu para lulusan diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut. 

“Jika sebelumnya saudara bersusah-payah hanya untuk meraih nilai terbaik. Kini saudara dituntut untuk memaksimalkan kemampuan, potensi, dan keahlian yang didapat selama kuliah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera dan Bangsa Indonesia pada umumnya,” ujarnya. 

Rektor juga berharap para wisudawan dapat kembali ke kampung halaman masing-masing, untuk membangun daerah dengan keilmuan yang dimiliki dan inovasi yang bisa dilakukan. 

“Saya tekankan, saudara harus mampu berpikir out of the box untuk menjadi kreatif. Jangan pernah menyerah dalam berinovasi," jelasnya.

Lanjutnya, jika ini dilaksanakan dengan serius, ditambah kemampuan hardskill dan softskill yang mumpuni, ia optimistis lulusan Itera tidak hanya sukses di dunia kerja tetapi juga kelak mampu membuka lapangan kerja.