Jabatan Rektor UIN RIL Prof Mukri Diperpanjang, Begini Penjelasan Kemenag

Sekjen Kemenag RI Nizar Ali/ Ist
Sekjen Kemenag RI Nizar Ali/ Ist

Sekjen Kemenag RI Nizar Ali mengatakan perpanjangan jabatan Professor Moh Mukri menjadi Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) karena adanya peralihan antara universitas berstandar Nasional ke Internasional.


Perpanjangan itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 026482/B.II/3/2021, yang ditandatangani langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil pada 26 Juli 2021.

Nizar mengaku, keputusan itu ada klausul surat keputusannya dari Menteri dan hal ini dipandang oleh pimpinan layak untuk diperpanjang.

"Layak untuk di transisi karena adanya peralihan antara universitas yang sifatnya berstandar Nasional ke Internasional, maka itu ada masa transisi yang harus dilakukan," kata dia, Selasa (25/1).

Lanjutnya, perpanjangan jabatan ini berlaku sampai dilantiknya rektor difinitif, tetapi jika Menteri Agama Yaqut Cholil ingin secepatnya dilakukan pergantian maka UIN RIL siap. 

"Terserah Menteri mau besok diganti, Pak Mukri sudah siap. Ini penilaiannya bukan dari pihak kampus, tapi dari pusat untuk menentukan siapnya kapan akan dilakukan pergantian karena sudah diuji kompetisinya tinggal waktunya saja. Jadi agak sabar," jelasnya.

Foto: Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag RI) Nizar Ali/ist