Jadi Ketua PN Tanjungkarang, Dadi Rachmadi Perketat Pengawasan Hakim 

Timur Pradoko dan Dadi Rachmadi (kanan)/ Faiza Ukhti
Timur Pradoko dan Dadi Rachmadi (kanan)/ Faiza Ukhti

Dadi Rachmadi dilantik menjadi ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang menggantikan Timur Pradoko yang menjadi Ketua PT Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (18/10).


Dadi yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PN Tanjungkarang ini mengatakan, akan memperketat pengawasan internal kepada hakim-hakim. 

Hal ini untuk menghindari adanya pelanggaran etik hakim, mulai dari bertemu dengan pihak yang berperkara, melakukan tindakan asusila dan pelanggaran etik lainnya. 

"Pengawasan melekat akan dilakukan secara berjenjang, mulai dari saya sebagai Ketua PN, Wakil Ketua dan hakim pengawas bidang yang akan mengawasi setiap bulan perilaku mulai dari hakim hingga ASN," ujarnya usai dilantik. 

Bentuk pengawasannya, lanjut dia, secara formal melalui pengawasan langsung ke bidang masing-masing baik di lingkungan kantor maupun di luar lingkungan kantor. 

Selain itu, ia menambahkan, jika masyarakat menemukan ada indikasi pelanggaran etik, masyarakat bisa bisa melaporkan langsung ke PN Tanjungkarang atau dapat melaporkan secara online. 

"Melalui aplikasi Siwas di bawah Mahkamah Agung, Aplikasi Lapor yang terhubung ke Menpan RB, silakan laporkan," pungkasnya.