Jadi Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto Dapat Pesan Khusus dari Ridwan Kamil

Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto/RMOLJabar
Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto/RMOLJabar

Ada pesan khusus yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto. Pria yang sebelumya menjabat Wakil Walikota Bekasi itu diminta fokus melayani kebutuhan masyarakat.


Pesan itu disampaikan Ridwan Kamil usai menyerahkan langsung surat pengangkatan Plt Walikota Bekasi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (7/1).

Kang Emil begitu sapaannya, meminta Tri Adhianto untuk mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa Rahmat Effendi, yang sudah menyalahgunakan wewenang hingga akhirnya terjaring OTT KPK.

"Pak Wakil harus mengambil hikmah dari peristiwa ini, yang buruknya tidak boleh diulang, jangan diulang, karena mencederai masyarakat di era demokrasi ini," kata Emil, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Selanjutnya, di sisa masa jabatan yang hanya 1,5 sampai 2 tahun ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Bekasi. Pasalnya, modal dari kepemimpinan sebelumnya sudah ada, tinggal Plt Walikota Bekasi bisa melanjutkan pembangunan tersebut.

KPK telah menetapkan Walikota Bekasi Rahmat Effendi sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta jual beli jabatan di Pemerintahan Kota Bekasi, Jawa Barat. Selain Rahmat, KPK menetapkan 8 tersangka lainnya.

Yakni Camat Rawa Lumbu, Makhfud Saifudin (MA); Direktur PT MAM Energindo, Ali Amril (AA); Lai Bui Min alias Anen (LBM); Direktur PT Kota Bintang Rayatri (KBR), Suryadi (SY). Mereka dijerat sebagai pihak pemberi suap.

Kemudian, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP, M. Bunyamin (MB); Lurah Jatisari, Mulyadi (MY); Camat Jatisampurna, Wahyudin (WY); dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertahanan Kota Bekasi, Jumhana Lutfi (JL). Mereka dijerat sebagai pihak penerima bersama Rahmat Effendi.

Adapun barang bukti, KPK mengamankan sejumlah uang di antaranya uang tunai sebesar Rp3 miliar dan Rp2 miliar dalam bentuk tabungan.