Jadi Syarat Wajib Masuk Mall dan Perjalanan, IDI Lampung Ingatkan Warga Segera Booster

Wakil Ketua IDI Lampung, dr Boy Zaghlul Zaini/ Tuti
Wakil Ketua IDI Lampung, dr Boy Zaghlul Zaini/ Tuti

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung mengajak semua instansi untuk bersama mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi vaksin Covid-19. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan menular BA.4 dan BA.5.


Selain itu, pemerintah pusat juga memberlakukan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan masuk mal yang akan diterapkan paling lama dua minggu lagi. 

Wakil Ketua IDI Lampung, dr Boy Zaghlul Zaini mengatakan masyarakat telah terlena dengan kasus Covid-19 yang melandai, serta telah diperbolehkan melepas masker saat di tempat terbuka. Sehingga kesadaran untuk booster masih kecil. 

"Jadi masyarakat berpikir ngapain booster kan kasus Covid-19 telah melandai atau dianggap sudah tidak ada. Hal inilah yang menyebabkan capaian booster kita masih rendah," kata dr Boy Zaghlul Zaini, Selasa (5/7). 

Menurutnya, saat ini sangat perlu menyosialisasikan kembali kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan minimal menggunakan masker dan cuci tangan serta booster. 

"Itu semua bukan hanya tugas tenaga kesehatan namun semua orang, untuk mengajak masyarakat agar booster," ujarnya. 

Lanjutnya, kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan masyarakat dalam mengakses fasilitas umum menggunakan booster harus didukung agar semua aman. 

"Walaupun agak terpaksa, namun semua dilakukan agar tidak mudah tertular Covid-19. Walaupun tidak separah Delta, namun tetap saja jika positif harus isolasi," jelasnya.