Jaga Tibum Malam Tahun Baru, 200 Personel Satpol PP Lampung Dikerahkan

Kepala Satpol-PP Provinsi Lampung Muhammad Zulkarnain/Ist
Kepala Satpol-PP Provinsi Lampung Muhammad Zulkarnain/Ist

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Lampung menyiapkan lebih dari 200 personel guna menjaga ketentraman dan ketertiban umum (tibum) di malam tahun baru 2022.


"Kami telah menyiagakan sekitar 200 personel dan di tempatkan di tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian," kata Kepala Satpol-PP Provinsi Lampung Muhammad Zulkarnain, Jumat (31/12).

Ia mengatakan masing-masing personel tersebut akan dibagi menjadi beberapa tim yakni ada lima tim patroli yang akan disebar diantaranya di Bandar Lampung sebanyak tiga tim, Pesawaran satu tim, dan Lampung Selatan (Lamsel) satu tim.

Kemudian, ada juga tim pengamanan di lima titik yaitu di Kantor Gubernur Lampung (5 personel), Taman Lungsir (5 personel), Ruang Terbuka Hijau (5 personel), Tugu Adipura (5 personel), dan Lapangan Saburai (5 personel).

"Jajaran kami siap menjaga ketentraman dan ketertiban umum di malam pergantian tahun. Kalau ada krumunan, maka akan dibubarkan," tambahnya.

Bukan hanya itu, mereka juga diinstruksikan untuk mencegah seluruh aktivitas berkumpul terutama di tempat fasilitas umum, hiburan, pusat perbelanjaan atau mall, restoran, tempat wisata serta fasilitas ibadah.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Instruksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Seluruh Jajaran Pemerintah Daerah Termasuk Satpol-PP, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Diminta Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Dan Keterlibatan Aktif.