Jalan Gatot Subroto akan Dijadikan Sentral UMKM Setiap Weekend

Jalan Gatot Subroto Bandarlampung telah diberikan garis pembatas untuk UMKM/Tuti Nurkhomariyah
Jalan Gatot Subroto Bandarlampung telah diberikan garis pembatas untuk UMKM/Tuti Nurkhomariyah

Pemerintah Kota Bandarlampung berencana membuat sentral Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jalan Gatot Subroto dari Kantor RRI sampai pertigaan Garuntang setiap weekend. 


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (PMK) Kota Bandarlampung, Zainudin mengatakan lebih dari 300 UMKM akan dilibatkan dalam sentral tersebut. 

"Tidak ada persyaratan khusus bagi UMKM yang ingin mengisi tempat itu, mungkin hanya menyediakan meja kecil," kata Zainudin, Selasa (21/9). 

Pada minggu pertama, Zainudin mengaku UMKM yang berdagang kuliner yang diutamakan, namun setelahnya melihat peminat masyarakat, artinya tidak hanya kuliner. 

"Yang penting tidak menimbulkan sampah di jalan karena tempatnya kan di jalan umum. Begitu selesai dipakai itu jalannya langsung bisa dipakai oleh masyarakat," ujarnya. 

Lebih lanjut, Zainudin mengaku sudah ada 120 UMKM dari binaannya yang mendaftar, sementara untuk binaan dari dinas lainnya belum dilakukan pendataan. 

"Kalau mau masuk sentral itu bisa masuk ke binaan karena harapannya UMKM tidak hanya berjualan satu atau dua hari saja, tapi berkelanjutan pembinaannya, agar bisa berkembang usahanya, dan bisa mendiri," jelasnya.