Jalin Kerja Sama, FISIP Unila-AJI Bandar Lampung Perkuat Literasi dan Riset Media

FISIP Unila menjalin kerja sama dengan AJI Bandar Lampung/Ist
FISIP Unila menjalin kerja sama dengan AJI Bandar Lampung/Ist

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung (FISIP Unila) menindaklanjuti perjanjian kerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung di Gedung A FISIP Unila, Jumat, (24/6). Kerja sama itu terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


“Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mewajibkan kampus membebaskan mahasiswa untuk mendapat kompetensi tambahan di luar jurusan. Sehingga, perlu menjalin kerja sama dengan pihak lain agar mahasiswa lebih mudah mengembangkan diri,” kata Dekan FISIP Unila, Ida Nurhaida. 

Menurutnya, terdapat beberapa konsep kerja sama yang dapat dilaksanakan di bidang penelitian dan pengembangan kapasitas. Misalnya, literasi media dan publisitas, pelatihan peliputan, serta riset soal media. Bahkan, mahasiswa bisa magang di AJI selama enam bulan atau setara 20 SKS.

“Nantinya, mahasiswa dapat lebih mendalami praktik jurnalisme profesional. Jadi, tak mengandalkan teori saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua AJI Bandar Lampung, Hendry Sihaloho mengatakan kerja sama akan memperkuat kerja-kerja AJI. Sebelumnya, AJI beberapa kali melakukan riset yang memotret pemberitaan Covid-19 dan kondisi jurnalis perempuan di Lampung. 

“Dengan hadirnya akademisi, harapannya riset tersebut lebih mendalam lagi. Sehingga, dapat menjawab persoalan-persoalan jurnalisme lokal,” jelasnya. 

Kemudian, lewat kerja sama itu, FISIP-AJI bisa mendorong peningkatan kualitas jurnalisme yang berorientasi pada kepentingan publik. Dorongan dimaksud antara lain merangsang liputan-liputan investigatif. Lalu, bersama-sama mengubah citra buruk wartawan di masyarakat dengan peningkatan kapasitas dan profesionalisme para jurnalis.