Jaminkan Sertifikat, Pelaku UKM Pesisir Barat Diingatkan Jangan untuk Konsumtif

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqal/ Eva Gustina
Bupati Pesisir Barat Agus Istiqal/ Eva Gustina

Bupati Agus Istiqlal melakukan audiensi dengan masyarakat Karya Penggawa sekaligus penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Tahun 2021. Kegiatan bertempat di Aula Kantor Camat Karya Penggawa, Rabu (6/10). 


Bupati menyampaikan, sertifikasi lintas sektoral di Pesisir Barat sebanyak 250 bidang yang tersebar pada 29 desa dan telah selesai 100% dan siap untuk dibagi.

'Sertifikat ini merupakan bukti kepemilikan tanah Bapak dan Ibu, jadi tolong disimpan dengan rapi dan aman, sertifikat ini berlaku tanpa batasan waktu, keturunan-keturunan bapak dan ibu nanti masih akan berhubungan dengan sertifikat ini, oleh karenanya disimpan dengan benar," ujar Bupati. 

Untuk pelaku UKM yang telah mendapatkan sertifikat agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika akan dijadikan jaminan di perbankan jangan sampai digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

"Tetapi untuk yang lebih produktif terutama menambah modal kerja, sehingga ditengah pandemi ini, bisa bertahan dan terus melanjutkan usahanya," kata Bupati. 

Bupati Pesisir Barat berharap program ini dapat menjadi upaya bagi pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19, dalam arti dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan.