Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Bandar Lampung Mulai Naik

Pedagang cabai di Pasar Tugu/ Faiza
Pedagang cabai di Pasar Tugu/ Faiza

Harga beberapa kebutuhan pokok di Bandar Lampung perlahan meningkat jelang ramadan, Senin (28/3). 


Di antaranya, ayam, daging, minyak, telur, dan cabai setan. Sementara itu, harga beras, cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih masih stabil. 

Pedagang ayam, Nurasiah mengatakan, harga daging ayam saat ini mencapai Rp32 ribu per kg. Normalnya, harganya berkisar di Rp25 ribu-Rp28 ribu. 

"Hari ini harganya naik seribu. Memang dari sebelum puasa ini udah naim sampai Rp5 ribu, kemungkinan anak naik lagi," kata pedagang di Pasar Tugu itu. 

Ia mengatakan, akibat harga naik, jumlah pembeli ikut berkurang. Dirinya menyiasati dengan menjual olahan bakso, sempol ayam dan lainnya agar tidak rugi. 

"Pasti nanti naik lagi deket puasa, tahun kemarin sempat murah banget harganya hancur karena angka covid-19 naik. Dua-duanya gak bikin untung, karena pembeli juga maunya murah, paling enak itu harga standar," kata dia lagi. 

Sementara itu, pedagang daging sapi, Erfan Saputra mengatakan, saat ini harga daging sapi Rp130 ribu per kg dan tulang iga Rp80 ribu per kg. 

"Harganya naik dari tahun kemarin, mulai dari Rp105 ribu sampai Rp130 ribu sekarang ini. Harga daging ini kalau udah naik, susah turunnya," jelas Erfan. 

113 daging 

Ia melanjutkan, pembeli daging sapi di Pasar Tugu belum teralu ramai. Dirinya hanya bisa menjual 20 kg saja perhari, dan 15 kg tulang per harinya. 

Bahan kebutuhan pokok lainnya yang ikut naik adalah telur Rp25 ribu dan minyak goreng kemasan Rp24 ribu-Rp25 ribu setelah Harga Eceran Tertinggi (HET) dicabut. 

"Minyak menyesuaikan harga sekarang 24-25 per liter bergantung merek, telur naik jadi Rp25 ribu, tiap hari harganya berubah dari tiga pekan dari harga Rp20 ribu," ujar pedagang Sembako Pasar Tugu, Ririn Naryo. 

Ririn melanjutkan, meski begitu, harga beras masih stabil. Beras premium berbagai merek masih berada di harga Rp12 ribu-Rp13 ribu, sedangkan beras biasa Rp9 ribu- Rp10 ribu. 

Selain itu, pedagang cabai Junita Siringo-ringo mengatakan, cabai merah besar harganya stabil di angka Rp35 ribu dan cabai rawit Rp45 ribu. Sedangkan cabai setan naik dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu. 

"Bawang merah masih stabil Rp33 ribu, bawang putih Rp30 ribu masih stabil. Harga tomat yang turun, dari Rp12 ribu menjadi Rp8 ribu," kata dia.