Jika Dibutuhkan, Dissos Bandar Lampung Siap Lakukan Pembinaan Manusia Silver

Kantor Dissos Bandar Lampung/ Tuti
Kantor Dissos Bandar Lampung/ Tuti

Dinas Sosial (Dissos) Kota Bandar Lampung siap melakukan pembinaan kepada manusia silver yang telah diamankan Badan Polisi Pamong Praja apabila dibutuhkan. 


Sekretaris Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, Herri mengatakan sejauh ini pihaknya belum pernah melakukan pembinaan manusia silver, karena yang melakukan tindakan dan penanganan adalah Banpol PP. 

"Pol PP yang melakukan penegakan aturan. Dinas sosial ini membantu dalam proses pembinaan, kalau seandainya kita diperlukan ya akan kita bina. Tapi tahun ini kita belum melakukan pembinaan karena masih Covid-19 juga," kata Herri, Kamis (7/10). 

Lebih lanjut, Herri mengaku jika dibutuhkan untuk melakukan pembinaan pihaknya telah menyusun beberapa strategi pembinaan seperti pendataan, pengarahan, pemanggilan pihak keluarga, hingga penandatanganan perjanjian tidak akan mengganggu ketertiban lalu lintas. 

"Tahun sebelumnya gak ada manusia silver ini, paling anak jalanan. Kita juga dinas sosial ini tidak ada panti, adanya provinsi. Sehingga kebingungan untuk menampungnya saat pandemi ini," ujarnya. 

Walaupun begitu, dengan kepala dinas yang baru, ke depan akan lebih memonitor manusia silver yang berkeliaran di jalan khusus lampu merah. 

"Langkah kita ada mengadakan monitoring secara rutin, kita jugakan baru dilantik nih, Jadi nanti kita akan rencananya di tahun yang akan datang," jelasnya.