Jiun, Produksi Mikroba Buat Kejayaan Lada Dan Kesuburan Lahan

Mantan Wagub Lampung Bachtiar Basri menerima bibit lada sambung dari Jiun/Iman Untung Selamet
Mantan Wagub Lampung Bachtiar Basri menerima bibit lada sambung dari Jiun/Iman Untung Selamet

JIUN nama top dari Iman Untung Selamet, jurnalis yang kini memopulerkan mikroba penyubur lahan. Dia juga membantu petani berjaya kembali lewat lada sambung.

Iman yang pernah kuliah di FT Unila  berusaha sendiri membantu para petani agar berbagai jenis tanaman pertanian dan perkebunan, tak sebatas lada, bisa subur dan panen lebih banyak, seperti cabai, jagung, singkong, dan lainnya.

Dengan "kecerewetannya", Jiun diberi pekerjaan rumah (PR) untuk "menghutankan" kawasan Kampus Itera seluas 68 hektare di tepi Kota Bandarlampung. Rencana, kawasan itu kelak akan diresmikan petinggi negeri ini.

Upaya menghutankan kawasan Kampus Itera/Ist

Menurut perantauan asal Brebes, Jawa Tengah itu, dengan mikroba hasil pengembangannya dengan kawan-kawannya SMANSA Brebes  bisa memulihkan kondisi lahan agar subur akibat penggunaan bahan kimia secara masif.

Mikroba akan menghancurkan lahan yang tercemar bahan kimia seperti pestisida, pupuk sintetis, dll. Mikroorganisme itu menurunkan toksitas dalam lahan.

Mantan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri (2014–2019) mencoba mikroba dan lada sambungnya dengan tanaman malada di lahannya di Kabupaten Lampung Utara, Oktober tahun lalu.

Mikroba dalam botol dan berbagai tanaman hasil uji coba/Ist

Dengan cara itu, menurutnya, bisa mencegah busuk pangkal tanaman. Dia berharap lada kembali jaya mengingat lambang provinsi ini lada yang sempat jaya hingga mengundang VOC berdagang lada ke Lampung.

Pohon lada secara genetik bukanlah parasit, ia hanya menumpang menjalar di pohon jalarannya artinya lada juga bisa dirambatkan di tiang tiang listrik, tembok tembok atau dimana saja, katanya.

Hanya, masalah petani selama ini, busuk pangkal batang. Dengan disambung bagian akar dan pangkal batang dengan malada, tanaman lada bisa terhindar dari masalah klasik tersebut.

Darussalam mengapresiasi niat dan kerja keras Jiun/Ist

Darussalam, tokoh masyarakat daerah ini, mendukung upaya Jiun mengembalikan kejayaan petani Lampung. "Orang-orang seperti dia perlu kita dukung sesuai visi dan misi Gubernur Arinal," katanya.

Pengusaha, politikus, dan advokat ini berharap pemerintah melirik upayanya agar bisa lebih optimal menyuburkan lahan petani sekaligus meningkatkan hasil panennya. 

Untuk Kota Bandarlampung, orang-orang seperti Jiun bisa diharapkan mengembalikan kawasan-kawasan resapan air, hutan kota, jadi lebih berfungsi dan produktif bagi masyarakat kota, ujar Darussalam.

"Tak banyak orang-orang yang fokus dan bekerja keras untuk membantu petani sekaligus memperbaiki lahan jadi subur kembali," tandasnya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (1/3).