Joko Santoso Simpan Uang Suap Bansos Di Koper Bertuliskan 'President'

Sidang kasus korupsi bansos dengan terdakwa Matheus Joko Santoso/RMOL
Sidang kasus korupsi bansos dengan terdakwa Matheus Joko Santoso/RMOL

Terungkap, Matheus Joko Santoso menyimpan uang suap bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 untuk Jabodetabek 2020 di dalam koper bertuliskan "President".


Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menguak hal itu saat membacakan surat dakwaan kepada para tersangka di Pengadilan Tipikor PN Jakarta Pusat, Rabu sore (21/4).

Mereka yang jadi terdakwa dalam kasus ini adalah Juliari Peter Batubara selaku mantan menteri sosial serta Joko dan Adi Wahyono selaku pejabat pembuat komitmen (PPK).

Koper yang bertuliskan "President" itu ditemukan penyidik KPK saat menangkap Joko di rumahnya, Jl. Abdul Hamid Komp. City Garden Residence Jati Handap Mandala Jati, Kota Bandung, 5 Desember 2020.

Dalam penangkapan itu, penyidik menemukan sejumlah uang dalam mata uang rupiah, dolar Amerika Serikat (AS) dan dolar Singapura.

Selain itu ditemukan pula sejumlah uang di rumah Joko yang beralamat di Jakarta Garden City Cluster Yarra E5 nomor 8 Cakung, Jakarta Timur.

Uang itu terdiri dari, uang Rp 1.450.000.000 dengan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 14.500 lembar yang tersimpan dalam satu buah koper dengan tulisan Hush Puppies ukuran 20 inci warna hitam.

Selanjutnya, uang sejumlah Rp 1.489.700.000 yang tersimpan dalam satu buah koper dengan tulisan Hush Puppies ukuran 20 inci warna hitam.

"Uang sejumlah Rp 658 juta dengan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 6.580 lembar yang tersimpan dalam satu buah koper dengan tulisan President ukuran 20 inci warna biru," ujar Jaksa Ikhsan Fernandi Z.