Jumat Berkah, Nizwar Daftar dan Pertama Kembalikan Berkas Pencalonan Ketua PWI Lampung

Nizwar dan Elkana saat pendaftaran/Ist
Nizwar dan Elkana saat pendaftaran/Ist

Hari ketiga pendaftaran bakal calon Ketua PWI Lampung periode 2021-2026, H. Nizwar dan H. Elkana Rio Adil mengambil formulir pendaftaran calon Ketua PWI, di Sekretariat Balai Wartawan Solfian Akhmad, Jumat, (26/11).


Nizwar dan Elkana (Nireana) merupakan kandidat ketiga yang mengambil formulir pendaftaran. Setelah mengisi form pendaftaran, Nizwar langsung mengembalikan berkas pencalonan. 

Kedatangan Nirwana didampingi mantan Ketua PWI Lampung periode 2007-2010 H. Ahmad Rio Teguh dan Juru Bicara H. Syahroni Yusuf, mantan Sekretaris PWI Lampung H. Adi Kurniawan serta sejumlah tim pendukung sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka diterima Ketua Panitia Pelaksana Konferensi PWI Lampung Eka Setiawan dan beberapa pengurus.

Eka mengungkapkan, semua berkas telah lengkap. "Kami terima pengembalian berkas dan lengkap," ucapnya.

"Bakal calon Nizwar menjadi yang pertama mengembalikan berkas dari tiga calon yang hingga pagi ini mengambil form pendaftaran," lanjut Wakil Ketua Pelaksana Konferensi Taufik Wijaya.

Dalam sesi wawancara, Nizwar bersyukur bisa datang full tim. "Insya Allah langkah pencalonan yang baru saja dilakukan memberikan yang terbaik untuk PWI  Lampung 5 tahun mendatang," ujar Nizwar. 

Menjawab visi misi yang ditanyakan, Nizwar membeber Visi Digital Edukatif dan Kreatif. Ini merupakan transformasi PWI Provinsi Lampung di era digital dalam mejaga dan merat marwah organisasi yang profesional, independen, netral dan mandiri dengan spirit kebersamaan dalam kebinekaan. 

"Visi ini kita jabarkan dengan tata kelola administrasi dan sekretariat secara digital untuk memberikan pelayanan cepat," ujarnya.

Fokus selajutnya adalah penguatan kapasitas sumberdaya anggota PWI Lampung terkait Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI. "Ini penting agar anggota loyal dan berdedikasi untuk organisasi," jelas Nizwar.

Lalu, peningkatan kualitas anggota melalui pelatihan dan pendidikan, baik secara formal dan informal. "Melalui pelatihan dan pendidikan maka hasil karya jurnalistik anggota PWI akan semakin berkualitas. Dengan pendidikan yang masif juga maka integritas anggota PWI tidak perlu kita ragukan lagi dan ini semakin mempermudah kita menjaga dan merawat marwah PWI," terang mantan Pemimpin Redaksi Radar Lampung tersebut.

Untuk kemandirian organisasi, sambung Nizwar, pihaknya akan memberdayakan sektor usaha melalui koperasi. "Keberadaan koperasi selama ini kita ketahui bersama mati suri. Kita berharap melalui tata kelola usaha yang baik, organisasi ini semakin mandiri," katanya.

Yang juga penting adalah memberikan asuransi bagi seluruh anggota PWI provinsi Lampung, terutama yang memegang Kartu Anggota Biasa. "Karena dalam melaksanakan tugas kewartawanannya sehari-hari, seluruh anggota ini sangat rentan akan keselamatan nyawanya, seperti kecelakaan lalu lintas. Untuk itu perlu dicover dengan asuransi," ujar Nizwar.

Terkait tata kelola organisasi dengan spirit kebersamaan dalam kebhinekaan. Nizwar memastikan wajah PWI Lampung lima tahun mendatang menjadi representasi seluruh anggota PWI Lampung hingga kabupaten/kota dan representasi seluruh perusahaan media yang ada di Provinsi Lampung.