Jurnalis RMOLLampung Kusmawati Dilantik Sebagai Ketua LAKH PWI Lampung

Kusmawati menyampaikan sambutan/ Ahmad Amri
Kusmawati menyampaikan sambutan/ Ahmad Amri

Jurnalis Kantor Berita RMOLLampung, Kusmawati dilantik sebagai Ketua Lembaga Advokasi dan Konsultan Hukum (LAKH) PWI Lampung Periode 2023-2027.




Kapolda Irjen Akhmad Wiyagus dan Kajati Lampung Nanang Sigit Yulianto hadir pada pelantikan di Gedung PWI Lampung, Kamis (16/3).

Selain itu hadir, Dewan Pers Agung Darma, Ketua PWI Lampung Wirahadikusuma, Ketua Dewan Kehormatan Iskandar Zulkarnaen, Penasehat PWI Supriyadi Alfian dan seluruh ketua Kota/ Kabupaten se-Lampung.

Ketua LAKH Kusmawati, mengatakan LAKH PWI Lampung hadir untuk membela para wartawan yang bersengketa dalam melakukan tugas peliputan atau karya jurlistik. Namun, sesuai dengan kode etik jurlistik dan bertanggungjawab.

"Kita dari LAKH tidak akan melakukan pendampingan terhadap wartawan yang terlibat tindak pidana dan ini perlu saya tegaskan," ujar Kus, sapaan jurnalis senior yang mendedikasikan diri untuk pers lebih 20 tahun.

Ketua PWI Lampung,Wirahadikusuma dalam sambutanya mengatakan LAKH sangat penting dalam upaya melakukan pembelaan terhadap wartawan atau jurnalis khususnya di Lampung.

"Tujuan dari LAKH ini adalah untuk melindungi wartawan dalam kerjanya mematuhi ketentuan kode etik jurnalistik dan juga UU Pers, kita tidak melindungi wartawan yang mengatas namakan wartawan atau penumpang gelap," ujar Wira, sapaa Direktur Utama Rilis.id itu.