Kabar Gembira, Warga Pesawaran Sembuh Covid-19




Kabar gembira, warga Kabupaten Pesawaran, SA (54), pasien positif Covid-19, sembuh setelah terinfeksi corona sepulang dari perjalanan ke luar negeri.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Kabupaten Pesawaran dr. Aila Karyus kepada Kantor Berita RMOLLampung, Minggu (10/5).

"Pak SA (54), Warga Kecamatan Gedong Tataan, sudah negatif Covid-19 berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan swab evaluasi nasofaring dan orofaring RS Bandar Negara Husada," ujarnya.

Pemeriksaan swab evaluasi nasofaring dan orofaring pertama pada tanggal 2 Mei 2020 dan pemeriksaan kedua pada tanggal 4 Mei 2020.

Menurutnya, pasien tersebut sebelumnya dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test dan swab.

"Setelah positif, kita lakukan perawatan dengan isolasi di RSUD Pesawaran dan selanjutnya dikirim ke RSUD Bandar Negara Husada hingga negatif Covid-19," kata Aila Karyus.

Ditambahkannya, "Jumat (8/5), kepala desanya sudah menjemput beliau dari RSUD Bandar Negara Husada."

Namun begitu, lanjutnya, pasien tersebut melanjutkan isolasi mandiri dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi selama dua pekan.

Sebelumnya, dijelaskan oleh Juru Bicara TGPP Provinsi Lampung, SA keluar negeri, Malaysia dan Thailand, selama empat bulan sejak tanggal 17 Desember 2019.

Pada tanggal 18 Maret 2020, SA pulang ke rumahnya dalam kondisi sehat.

Dari hasil rapid test tanggal 16 April 202, SA dinyatakan positif Covid-19 dan langsung dibawa ke RSUD Kabupaten Pesawaran untuk kemudian dirawat di RSUD Bandar Negara Husada.

"Pada tanggal 27 April 2020, hasil swab, SA positif Covid-19," kata Reihana.