Kabupaten Waykanan Ilir Dideklarasikan Warga 4 Kecamatan




Perwakilan dari empat kecamatan telah mendeklarasikan kabupaten baru yang mereka beri nama Kabupaten Waykanan Ilir, pemekaran dari Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung.

Mereka dari Kecamatan Pakuan Ratu, Kecamatan Negarabatin, Kecamatan Negeribesar, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Waykanan.

"Jika tidak digagas sekarang, kapan lagi," kata Tarmizi, sekretaris Panitia Pembentukan Kabupaten Waykanan Ilir kepada Kantor Berita RMOLLampung,'Selasa (16/7).

Dicontohkannya, Kabupaten Waykanan digagas tahun 1957 dan baru teralisasi tahun 1999.

Banyak yang harus dilakukan dan butuh waktu yang tak sebentar merealisasikannya mulai dari tingkat desa hingga pemerintah pusat, kata Tarmizi.

"Belum lagi kajiannya dari perguruan tinggi," katanya.

Dia serahkan upaya mewujudkannya secara bersama-sama dengan masyarakat, tokoh adat,, tokoh agama, dan berbagai pihak yang sepakat dengan pemekaran Kabupaten Waykanan.

"Yang pasti, kami sudah deklarasikan dua hari lalu, Minggu (15/7)," katanya.

Panitia Pembentukan Kabupaten Waykanan Ilir akan meminta berbagai pihak membantu upaya mewujudkan Kabupaten Waykanan Ilir.

"Selain dari bantuan masyarakat, pihaknya juga akan meminta dukungan dari pemerintah setempat agar gagasan ini bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Menurut Tarmizi, dari sisi luas wilayah dan jumlah penduduk, Kabupayen Waykanan sudah memenuhi dalam pemekaran kabupaten baru.