Kadispar Pantau Destinasi Wisata di Pesawaran

Kadispar memantau destinasi wisata/Rama
Kadispar memantau destinasi wisata/Rama

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa melakukan pantauan ke tempat wisata yang ada di kabupaten setempat.


Hal tersebut dilakukan guna mengetahui secara langsung realisasi program One Village One Destination dan Branding Pariwisata Kemilau Pesawaran yang telah dikumandangkan beberapa waktu lalu oleh Pemkab Pesawaran.

"Ya, kami hanya memastikan di lapangan apa yang menjadi kendala atau usulan apa yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan destinasi wisata desa. Kemudian nantinya akan kita sinergikan dengan pihak terkait sehingga mempercepat akselerasi pemulihan pariwisata setelah sebelumnya vakum karena pandemi Covid-19," kata Ketut, Sabtu (9/10). 

Ia mengatakan, sektor pariwisata akan menjadi salah satu konsentrasi pemerintah pada pemulihan ekonomi setelah penyebaran virus Covid-19 mulai menurun. 

"Kita doakan, semoga pandemi Covid-19 ini segera selesai sehingga aktifitas ekonomi yang semula stagnan menjadi pulih kembali terutama pada sektor pariwisata," ujarnya. 

Dalam kegiatan tersebut, Ketut bersama jajaran mengunjungi sejumlah destinasi wisata desa diantaranya di Desa Harapan Jaya dan Desa Pesawaran Indah Kecamatan Way Ratai. 

Di Desa Pesawaran Indah, Ketut Partayasa disambut Pj Kepala Desa Kholibi bersama aparatur desa setempat. Sembari menikmati minuman segar air nira (aren) di depan Balai Desa setempat, beberapa diskusi soal destinasi wisata desa dibahas. 

"Desa Pesawaran Indah memiliki destinasi wisata diantaranya Air Terjun Banyu Mandiri, Bumi Perkemahan Punggung Naga, Tourism Information Centre, Village Tour, Farm Park, Taman Dolan, Traditional Race, Agro Wisata, Galery, Kolam Mata Air, Air Terjun Batu Lapis dan sejarah," kata Kholibi. 

Menurutnya, kondisi pandemi yang mulai terkendali dan cenderung menurun merupakan momentum bangkitnya geliat wisata yang sebelumnya terhenti. 

"Sekarang ini momentum bangkitnya ekonomi wisata, dimana seluruh destinasi mulai diburu pengunjung. Karenanya, kita harus terus berbenah melengkapi apa saja yang menjadi kebutuhan destinasi guna memanjakan wisatawan," timpalnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Susalit Cokro Aminoto dihadapan Ketut dan jajarannya.

Diterangkan, pihaknya memiliki destinasi wisata diantaranya Air Terjun Sinar Tiga, Air Terjun Tirta Yasa, Bumi Perkemahan Bukit Cendana, dan Bukit Lantana. 

"Destinasi wisata Desa Harapan Jaya telah masuk 100 besar nominasi nasional dengan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beberapa waktu lalu," kata Susalit.

Diketahui, Ketut Partayasa belum lama menjabat sebagai Kadispar Pesawaran. Karenanya, untuk mempercepat pemulihan ekonomi wisata di Bumi Andan Jejama pihaknya akan terus melakukan kunjungan di desa-desa yang memiliki potensi destinasi wisata dan meningkatkan promosi keluar daerah hingga nasional serta manca negara dengan branding Kemilau Pesawaran. 

Rencananya, Minggu (10/10) Kadispar Ketut Partayasa akan mendampingi Bupati Dendi Ramadhona mengecek sejumlah tempat wisata di wilayah pesisir memastikan apakah wisata dibuka dengan protokol kesehatan atau tidak.