Kadis dan Pejabatnya Sering 'Menghilang', Ormas Pekat IB: Disperkim Pesawaran Seperti Kuburan

Kantor Disperkim Pesawaran/ Rama
Kantor Disperkim Pesawaran/ Rama

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Pesawaran Fiman Rusli, disinyalir tidak pernah berada di kantor dan seolah alergi terhadap wartawan serta LSM dan ormas.


Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPD Ormas Pekat IB Pesawaran Herwan Basir saat akan mengkonfirmasi temuan rekan-rekan DPW Ormas Pekat terkait adanya kerjaan sumur bor di 12 desa tahun 2021 yang disinyalir tidak sesuai.

"Kami sudah datang ke Dinas Perkim dari pagi hingga sore, namun pak Kadis Firman Rusli tidak ada di kantor," kata Herwan, Rabu (30/11).

"Saya juga bertanya dengan kawan-kawan media dan LSM yang lain, memang Dinas Perkim ini seperti kuburan tidak pernah ada orang, hanya ada beberapa honorer saja yang ngantor," ujarnya.

Sebagai warga Pesawaran, lanjutnya, yang juga sebagai kontrol sosial, seharusnya jika pihaknya mendapatkan temuan mudah untuk dilaporkan ke dinas terkait, bukan sulit seperti ini.

"Pak Firman Rusli ini orang Pesawaran juga, seharusnya beliau lebih respon dan respek apabila ada rekanan yang pekerjaannya ngawur karena masyarakat Pesawaran yang akan menikmati hasil pekerjaan tersebut," kata dia.

Dijelaskan, pihaknya datang ke Dinas Perkim bertujuan untuk melaporkan bahwa kerjaan yang ada di Dinas Perkim itu diduga tidak benar dan meminta untuk menegur rekanan yang mengerjakan pekerjaan tersebut.

"Ini malah ditemui sangat sulit, bila perlu rekanan tersebut yang kerjanya tidak benar ya di stop, nah itu baru namanya Kepala Dinas," timpalnya.

Ia juga menuturkan, pihaknya saat ini akan melayangkan surat secara resmi kepada Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, DPRD Pesawaran dan Kejari Pesawaran, untuk ditindaklajuti persoalan tersebut.

"Karena persoalan ini harus dituntaskan, dan masih tidak tuntas, kami dari Ormas Pekat akan melakukan aksi demo," tegasnya.

Sementara, Enas salah satu pegawai Bagian Umum Dinas Perkim saat ditemui media ini, mengatakan bahwa Kepala Dinas Perkim Firman Rusli tidak ada di kantor.

"Pak Kadis tidak ada,sekretaris juga tidak ada, tadi hanya ada Kabid tapi sekarang sudah keluar tidak tau kemana," jawabnya singkat.