Kadis PU Klaim Rancangan Relief Bung Karno di Masjid Agung Al-Furqon Belum Disepakati

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Iwan Gunawan/Tuti
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Iwan Gunawan/Tuti

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung angkat bicara soal penolakan pembangunan relief Bung Karno di halaman Masjid Agung Al-Furqon yang dilakukan oleh pengurus masjid.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan rancangan pembaruan relief di Masjid Agung Al-Furqon belum final. Masih akan dimusyawarahkan dengan pimpinan. 

"Pembuatan relief belum final, karena harus dimusyawarahkan. Yang sudah final adalah relief Asmaul Husna dan penataan taman," kata Iwan Gunawan saat konferensi pers, Jumat (10/6).

Menurutnya, perencanaan relief belum ditetapkan apakah akan menggunakan gambar-gambar pahlawan, tokoh-tokoh Islam, atau Raden Intan. Ia mengaku tidak mengetahui kebocoran desain yang belum difinalkan. 

"Karena relief hanya porsi kecil dalam proyek ini dan pengerjaan relief dikerjakan diakhir pembangunan yakni Desember mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut, penolakan pembangunan relief oleh para pengurus masjid telah diselesaikan. Mereka telah menyetujui pembangunan perbaikan taman di halaman di Masjid Agung Al-Furqon. 

"Kita baru melakukan pengerjaan taman dengan anggaran sebesar Rp1,5 miliar," jelasnya.