Kadisdikbud Ungkap Pertimbangan Lampung Belum PTM

Kadisdikbud Provinsi Lampung Sulpakar/ Vera
Kadisdikbud Provinsi Lampung Sulpakar/ Vera

Mendikbudristek Nadiem Makarim telah membolehkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah PPKM Level 1 sampai 3.


Menangapinya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan bukannya sekolah di tidak siap melaksanakan KBM tatap muka atau PTM, tetapi karena beberapa kabupaten baru saja keluar dari zona merah Covid-19.

Beberapa kabupaten yang melarang KBM tatap muka atau PTM yakni pemerintah  kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah, Pemkab Tanggamus, Pemkab Lampung Utara, Pemkab Waykanan, Pemkab Pesawaran, Pemkab Tulangbawang, dan Pemkab Mesuji.

"Lampung belum melaksanakan KBM tatap muka atau PTM. Karena baru beberapa hari saja kita ini keluar dari zona merah Covid-19, sekali lagi bukan sekolah tidak siap, semuanya sudah siap. Tapi ya itu tadi kita baru keluar dari zona merah," kata dia, Rabu (25/8).

Selain hal tersebut, Sulpakar juga mengungkap kendala PTM. Yakni, tenaga pendidik dan kependidikan di Lampung banyak yang belum divaksinasi.

Sehingga menjadi pertimbangan pemerintah untuk tidak melakukan KBM tatap muka terlebih dahulu guna keamanan pendidik dan pelajar.

"Belum banyak yang divaksinasi, jadi ini persoalannya. Oleh karena itu kita harus berkoordinasi dengan pihak terkait agar segera menuntaskan vaksinasi tenaga pendidik dan pelajar  supaya PTM ini bisa berjalan secara serentak dan aman dari virus covid," katanya.

Lanjut Sulpakar, tenaga pendidik yang belum divaksinasi ada sekitar 14 ribu orang, tetapi diupayakan besok seluruh tenaga pendidik yang belum divaksinasi akan terdata dan nanti data ini segera dikoordinasikan dengan dinas kesehatan agar vaksinasi dipercepat.

"Hampir 14 ribu yang belum divaksin, tetapi rabu ini kita upayakan data penerima vaksin tercatat semua lalu akan kita koordinasikan kepada dinas kesehatan setempat untuk segera divaksin," ujarnya.