Kadiskes Tegaskan Sangat Sanggup Vaksinasi 300 Ribu Dosis per Hari

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana/ Vera Afrianti
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana/ Vera Afrianti

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung Reihana menegaskan sangat sanggup untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebanyak 300 ribu dosis per hari.


"Kita sudah melakukan simulasi berapa yang harus kita vaksin, berapa sarana layanan kesehatan yang harus disiapkan, memang kalo secara normal kita hitung dengan 12 puskesmas yang kami punya, kita bisa melakukan vaksinasi 90 ribu perhari," katanya, Minggu (12/9).

"Tapi itu kan cuma puskemas, tapi ini kan banyak sentra-sentra lain, seperti TNI dan Polri, dengan itu insyaallah kita siap untuk 300 ribu dosis per hari."ujarnya.

Maka dari itu, untuk mecapai 300 ribu per hari pihaknya meminta kepada kabupaten/kota untuk cepat mengosongkan dosis di gudang, guna dikirim kembali dari pemerintah pusat.

"Cepat dikosongkan agar dapat vaksin lagi. Kalau untuk target sampai akhir Desember, dan berdasarkan simulasi yang kita buat harusnya selesai, tapi kan kembali lagi dengan stok vaksin, kalau vaksin nya ada insyaallah selesai cepat," katanya.

Ia berharap, kepada sentra-sentra yang melakukan giat vaksinasi jangan hanya mengejar vaksin pertama, namun disesuaikan dengan vaksin kedua juga agar seimbang antara vaksin 1 dan vaksin 2.

Berdasarkan data kemenkes vaksinasi dosis 1 per 31 Agustus 2021 sebesar 12,63 persen atau urutan terakhir secara nasional sedangkan dosis 2 per 24 Agustus 2021 sebesar 7,5 persen urutan terakhir nasional.