Kadiskop UMKM Beberkan Strategi Bangkitkan UMKM/IKM

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung, Agus Nompitu/Ist
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung, Agus Nompitu/Ist

Strategi membangkitkan UMKM/IKM di tengah pendemi Covid-19 adalah mencari solusi di bidang kesehatan terlebih dahulu, baru di bidang perekonomian.


"Kalau kita tidak carikan solusi di bidang kesehatan, maka akan berimbas lebih parah di bidang perekonomian," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung, Agus Nompitu saat webinar yang diselenggarakan oleh PLN Distribusi Lampung, Kamis (17/9).

Sarana dan prasarana kesehatan harus dipersiapkan lebih baik lagi, termasuk juga rapid test, swab dan kesiapan tenaga kesehatan.

"Harus kita bekali, sehingga dapat menekan pendemi Covid-19 yang terjadi saat ini," jelasnya.

Setelah itu, baru dari bidang perekonomian dengan mendorong investasi agar tetap berjalan, industri perdagangan, manufaktur, pengembangan koperasi dan UMKM, serta pariwisata.

"Pertanian yang merupakan sumber ekonomi, juga harus dipelihara dan dijaga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Tambahnya, dukungan lain seperti digital atau online untuk memperkecil kontak fisik.

"Kita kemarin sudah melaunching platform aplikasi pasar berjaya. Untuk sementara ada 4 pasar yaitu Pasar Tugu, Gintung, Cimeng, Untung. Nanti kita akan luas ke 15 kabupaten kota," ujarnya.

Dinas Koperasi dan UMKM juga mendukung dalam hal ini dengan melakukan pendampingan pelatihan online maupun offline.

"Itu juga dengan skema-skema pembiayaan seperti pemanfaatan kur, pemanfaatan kredit usaha mikro, pemanfaatan kredit supermikro dan juga pinjaman bergulir," jelasnya.