Kafe Tokyo Space Jadi Vexa Ground, Dinas PMPTSP Ngaku Tidak Tahu

Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung melakukan penyegelan Kafe Tokyo Space sebelum penutupan/ Ist
Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung melakukan penyegelan Kafe Tokyo Space sebelum penutupan/ Ist

Pasca ditutup, Kafe Tokyo Space yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Enggal Kota Bandar Lampung kembali beroperasi dengan nama baru, Vexa Ground.


Namun, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) mengaku tidak mengetahuinya. 

"Kami akan ke lapangan untuk mengetahui kondisi sebenarnya," jelas Kadis PMPTSP Bandar Lampung, Muhtadi Arsyad Temenggung, Minggu (4/9).

Sementara owner Tokyo Space, Bayu Prayoga, hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi.

Sebelumnya, Plh Sekretaris Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya mengatakan pemkot hanya bisa melakukan penutupan, dan tidak bisa mencabut izin usaha Cafe Tokyo Space karena telah memperoleh izin usaha lewat Online Single Submission (OSS) versi 1.1, yang diterbitkan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Terhitung surat (Kapolres Bandar Lampung) yang kita terima, hari ini sudah kita lakukan penutupan. Sementara pencabutan izin usaha itu bukan kita yang mengeluarkan SK pencabutannya, tapi OSS. Kita hanya mengusulkan untuk izin itu dicabut," kata Sukarma Wijaya, Selasa (17/5). 

Menurutnya, pihaknya hanya berwenang melakukan penutupan pada tempat tersebut. Selanjutnya jika untuk memberikan sanksi pada pemilik cafe itu bukan kewenangannya.

"Tapi dengan ditutupnya cafe itukan bagian dari sanksi kita (Pemkot). Tapi kalau sanksi yang lainnya bukan kita kewenangannya," ujarnya.