Kafilah Tanggamus Sumbang Untuk Lampung 5 Dari 7 Juara Pada MTQ Nasional

Kafilah Lampung Juara MTQ Nasional di Padang/Ist
Kafilah Lampung Juara MTQ Nasional di Padang/Ist

Gubernur Arinal Djunaidi menyerahkan uang pembinaan kepada Kafilah Lampung yang menjuarai MTQ Nasional di Padang Sumatera Barat pada 14-20 November 2020. Penyerahan dilakukan di rumah dinas gubernur, Minggu (22/11).


Gubernur mengapresiasi seluruh Kafilah MTQ Lampung, terutama kepada para juara dan pelatih.

Gubernur berharap pembinaan kepada para peserta MTQ terus dilakukan, sehingga dapat meningkatkan prestasi Lampung ke depannya.

Gubernur meminta Pemerintah Kabupaten/Kota dapat memberikan perhatian yang lebih kepada para peserta MTQ dari daerahnya.

"Ada 15 kabupaten/kota, tapi diborong Tanggamus. Karena itu, pembinaan harus terus dilakukan di semua Kabupaten/Kota. Semoga Pemerintah Daerah di Kabupaten Kota lainnya juga dapat memberikan perhatian yang sama, sehingga menjadi motivasi bagi para peserta MTQ," kata gubernur.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lampung, Irwan Marpaung, menerangkan dari 7 Cabang MTQ, Provinsi Lampung hanya mengikuti 4 cabang dengan 27 peserta.

Irwan menerangkan, peserta MTQ yang memperoleh Dana Pembinaan adalah Terbaik 1 Cabang 10 Juz Putri, Nurfitiani asal Lampung Timur memperoleh Dana Pembinaan sebesar Rp25 juta, lalu Terbaik 3 Cabang Dewasa Putri, Siti Kholida asal Tanggamus mendapatkan Rp15 juta, dan lima orang Juara Harapan mendapatkan masing-masing Rp10 juta.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang hadir pada acara itu menyatakan apresiasi dan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh Kafilah Lampung, khususnya asal Kabupaten Tanggamus. Dimana dari tujuh prestasi yang diraih, lima prestasi disumbangkan oleh Kafilah Tanggamus.

"Atas nama Pemkab dan masyarakat Tanggamus, ini adalah prestasi yang membanggakan. Dimana dari tujuh prestasi ditingkat Nasional ini, lima prestasi disumbangkan oleh Kafilah asal Kabupaten Tanggamus," kata Bupati.

Bupati menyatakan pemkab juga akan memberikan reward kepada para juara, dalam bentuk dana pembinaan.

"Tentunya sebagai bentuk apresiasi, kami juga akan memberikan reward, berupa Dana Pembinaan kepada para Kafilah yang mendapatkan juara. Mudah- mudahan ke depan ini akan meningkatkan semangat dan motivasi bagi para Kafilah Kabupaten Tanggamus, untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya," ujarnya.

"Selain itu, karena Tanggamus sudah dikenal sebagai Juara Umum MTQ Provinsi Lampung lima kali berturut-turut. Tentunya ini harus mampu dipertahankan pada MTQ tahun 2021 yang akan datang," pungkas Bupati.

Kafilah asal Tanggamus yang meraih Juara pada MTQ Tingkat Nasional ke 28, yaitu:

  • Siti Khodijah, Juara 3 Cabang Mujawad Dewasa Putri.
  • Susi Evasari, Juara Harapan 1 Cabang Khot Dekorasi Putri.
  • Abdul Rohim, Juara Harapan 2 Cabang Khot Dekorasi Putra.
  • Ni'matun Nadifah, Juara Harapan 2 Cabang Tahfidz 20 Juz Putri.
  • Ali Muktamar, Juara Harapan 3 Cabang Khot Naskah Putra.

Sedangkan dua juara lainnya yakni:

  • Nur Fitriani (Lampung Timur) sebagai Hafizhah terbaik pertama.
  • Yazid Fadhillah sebagai Mufassir juara harapan kedua.