Kantongi SK Menkumham, Partai PRIMA Deklarasi 1 Juni

Wakil Ketua Umum PRIMA, Maruf Asli Bhakti tengah depan)/RMOL
Wakil Ketua Umum PRIMA, Maruf Asli Bhakti tengah depan)/RMOL

Partai Rakyat Adil dan Makmur (PRIMA) akan melakukan deklarasi partai usai mengantongi SK Kementerian Hukum dan HAM. Saat ini PRIMA tengah menyiapkan berkas administratif untuk dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum.


Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai PRIMA, Rudi Hartono dalam jumpa media, di kalasan Jakarta Pusat, Jumat (7/5).

“Sampai hari ini bahwa partai prima sudah mengantongi surat legalisasi dari Kemenkumham sebagai parpol yang sah. Jadi satu proses menuju Pemilu 2024 sudah kami lalui dan kami berproses verifikasi di KPU,” ucap Rudi saat ditemui di lokasi.

Dia menerangkan, Partai PRIMA akan mengumumkan ketua umumnya pada saat deklarasi Juni mendatang.

"Untuk Ketum, Sekjen dan jabatan lain itu mungkin sepenuhnya akan kami umumkan pada deklarasi pada 1 Juni 2021,” imbuhnya.

Wakil Ketua Umum PRIMA, Maruf Asli Bakti menyampaikan, dipilihnya tanggal 1 Juni 2021 mendatang lantaran hal tersebut merupakan hari ideologis, yakni 76 tahun lahirnya Pancasila.

“Momentum pada hari itu (1 Juni) kita ingin masuk pada agenda bahwa hari itu hari ideologis, terutama dalam hal kebangsaan ini,” jelas Maruf. 

Buka Pintu Untuk Parpol Lain Yang Tak Lolos Verifikasi

Maruf juga menyampaikan pihaknya telah melakukan silaturahmi kepada seluruh tokoh politik dan tokoh agama untuk melakukan penjajakan politik. Pihaknya juga menghargai sejumlah partai politik baru yang saat ini tengah berproses.

“Jadi kalau misalkan mereka masih berupaya untuk bisa lolos ke Kemkumham, dan ingin ikut Pemilu, tentu kita hargai. Tapi kalau kemudian tidak lolos, kami akan terima bila mereka bisa berlabuh bersama-sama (PRIMA)," ujarnya.

Artinya, lanjut Maruf, selama memiliki visi dan misi sesuai dengan PRIMA, maka pihaknya sangat membuka pintu bagi partai dan tokoh lain untuk bergabung.

“Kalau mereka ingin gabung karena tidak lolos, kita kan sama-sama berjuang mendorong supaya bisa lolos proses tahapan KPU. Kita sama-sama membangun komunikasi untuk silaturahmi,” tutupnya.